nusabali

Kelompok Nelayan Banyupoh Dapat Bantuan Sampan

  • www.nusabali.com-kelompok-nelayan-banyupoh-dapat-bantuan-sampan

SINGARAJA, NusaBali
Kelompok nelayan Segara Rahayu Desa Banyupoh, Kecamatan Gerokgak, Buleleng, semringah.

Ini menyusul bantuan tujuh unit sampan fiber dan satu set jaring tasi yang diberikan Pemerintah Kabupaten Buleleng. Bantuan tersebut merupakan hibah yang bersumber dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kabupaten Buleleng Tahun 2022.

Bantuan tersebut diserahkan secara simbolis kepada kelompok nelayan Segara Rahayu Desa Banyupoh oleh Wakil Bupati Buleleng, I Nyoman Sutjidra, pada Rabu (13/7) pagi.

Wabup Sutjidra menyampaikan, hibah ini diberikan dalam bentuk sarana prasarana melaut yang dibutuhkan oleh nelayan. Khususnya, pada  nelayan yang tergabung dalam Kelompok Nelayan Segara Rahayu Desa Banyupoh yang penghidupannya bergantung oleh hasil tangkapan melaut.

"Diberikan alat-alat tangkap ikan berupa sampan dan jaring. Ini sangat diperlukan sekali oleh nelayan di pesisir Bali Utara. Karena penghidupannya dari menjadi nelayan," ujar Sutjidra.

Sutjidra berharap, alat-alat ini bisa membantu kelompok nelayan dalam aktivitas melaut. Bantuan tersebut diharapkan seluruhnya bisa digunakan dengan sebaik-baiknya untuk meningkatkan perekonomiannya nelayan dan keluarga. Tentunya dengan tambahan sarana dan prasarana, akan lebih banyak hasil tangkapan yang bisa didapat.

"Tolong dirawat baik-baik. Sehingga sarana bisa dimanfaatkan dalam waktu yang lama. Sampan fiber ini perawatannya relatif lebih mudah dibandingkan yang kayu," ungkap Sutjidra

Dalam kesempatan itu, Sutjidra juga menyampaikan apresiasi kepada Kelompok Nelayan Segara Rahayu karena telah mampu mengkondisikan anggotanya untuk membuat sebuah koperasi. Seluruh tangkapan ikan anggota akan diserahkan ke koperasi. Sehingga membantu mensejahterakan seluruh anggota yang tergabung.*mz

Komentar