nusabali

Dua Camat dan Satu Kabag Dilantik Jadi Kadis

  • www.nusabali.com-dua-camat-dan-satu-kabag-dilantik-jadi-kadis

SINGARAJA, NusaBali
Tiga pejabat anyar yang mengikuti seleksi JPT (jabatan pimpinan tinggi) Pratama, di Buleleng, dilantik Selasa (12/7) kemarin.

Dari tiga itu, dua orang adalah camat dan seorang kepala bagian, akan mengisi tiga jabatan kepala dinas (eselon II) yang kosong. Mereka yakni Camat Buleleng I Nyoman Riang Pustaka yang dilantik menjadi Kepala Dinas Pengendalian Penduduk Keluarga Berencana Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (P2KBP3A) Buleleng. Camat Gerokgak Made Juartawan terpilih menjadi Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil, karena berhasil meraih nilai tertinggi saat seleksi. Sedangkan jabatan Kepala Dinas Arsip dan Perpustakaan Daerah (DAPD) Buleleng kini dijabat oleh Made Era Oktarini, yang sebelumnya menjabat Kepala Bagian Kesejahteraan Rakyat (Kesra) Setda Buleleng.

Selain itu, 79 pejabat administrator dan pengawas di lingkup Pemkab Buleleng, golongan III dan IV juga ikut dilantik secara virtual. Bupati Buleleng Putu Agus Suradnyana usai pelantikan pejabat mengatakan, pejabat yang dilantik merupakan ASN-ASN terbaik di Buleleng. Mereka adalah peserta seleksi yang menduduki ranking pamuncak di setiap jabatan.

“Saya dari dulu berkomitmen selalu pilih yang nomor satu, untuk kemajuan Buleleng. Seluruh proses seleksi pun sudah dilakukan dengan transparan. Harapannya dengan memilih yang terbaik Buleleng cepat berkembang,” ucap Agus Suradnyana.

Sedangkan proses pengangkatan jabatan administrator dan pengawas dilakukan untuk mengisi kekosongan. Namun pengisian pejabat fungsional saat ini sesuai aturan, harus dilakukan sesuai dengan disiplin ilmu ASN yang sesuai dengan kompetensinya.

“Misalnya analis kepegawaian, ya harus diganti dengan pejabat analis kepegawaian juga. Selain itu tidak bisa. Itu sudah aturan dari pusat,” kata Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Buleleng I Gede Wisnawa.

Proses seleksi JPT Pratama setingkat Kadis dan Kepala Badan (Kaban) di Lingkup Pemkab Buleleng tidak pernah sepi. Partisipasi kepesertaan seleksi JPT Pratama cukup tinggi dan rata-rata melebihi dari jumlah minimal pelamar sebanyak 4 orang.

Selain alasan karir, jabatan kadis atau kaban sangat cukup menjanjikan dari segi gaji dan tunjangan. Sesuai dengan peraturan gaji pokok pejabat setara kadis besarannya sesuai dengan golongan yakni berkisar Rp 3.044.300 – Rp 5.901.200. Sedangkan besaran Tambahan Penghasilan Pegawai (TPP) disesuaikan dengan kelas jabatannya. Merujuk pada Peraturan Bupati Nomor 7 Tahun 2022, tentang TPP, pejabat setingkat Kadis atau Kaban di Pemkab Buleleng menerima tunjangan kurang lebih Rp 18.000.000 per bulan sebelum dipotong pajak.

Sementara itu, Kadis P2KBP3A Buleleng I Nyoman Riang Pustaka usai dilantik mengaku termotivasi ikut seleksi JPT Pratama selain alasan karir, mengaku prihatin kasus kekerasan pada anak dan perempuan yang terus meningkat. Setelah dilantik menjadi Kadis, mantan Camat Buleleng ini mengatakan, segera akan membentuk perangkat konsultasi pra nikah. “Termasuk sebelumnya saya pernah ikut lelang jabatan Kepala Balitbang tapi belum berhasil, karena menurut saya perlu ada penelitian khusus terkait faktor-faktor penyebab kekerasan pada perempuan dan anak. Sehingga bisa diambil langkah tepat untuk menekan atau mencegah kasus sama terulang kembali,” kata Riang Pustaka.*k23

Komentar