nusabali

SLB Negeri 2 Buleleng Dapat Rehab 5 Kelas

  • www.nusabali.com-slb-negeri-2-buleleng-dapat-rehab-5-kelas

SINGARAJA, NusaBali
Sekolah Luar Biasa (SLB) Negeri 2 Buleleng tahun ini dijadwalkan rehab. Anggaran sebesar Rp 789 juta bersumber dari Dana Alokasi Khusus (DAK) dialokasikan untuk mendanai perehaban lima ruang kelas. Perehaban 5 dari 12 ruang kelas keseluruhan jenjang SD, SMP dan SMA, dilakukan karena mengalami kerusakan pada bagian atap.

Selain itu keterbatasan ruang belajar membuat pemanfaatan satu ruang disekat-sekat untuk beberapa rombongan belajar (rombel). “Ruang kelasnya besar-besar, sedangkan rombel di SLB ini ketentuannya hanya 5-6 orang, sehingga satu ruang disekat-sekat untuk beberapa kelas. Mumpung ada bantuan rehab, nanti sekalian rehab atas sampai penyekatan,” kata Kepala SLB Negeri 2 Buleleng Eksi Murniati.

Lima ruang kelas yang akan direhab tahun ini akan dijadikan 10 ruang kelas. Sehingga proses pembelajaran bisa lebih efektif. Selain rehab ruang kelas, SLB Negeri 2 Buleleng juga tahun ini mendapatkan program pembangunan kantin sekolah dan ruang bina diri.

Menurutnya dalam proses pendidikan di SLB Negeri 2 Buleleng yang rata-rata siswa tuna grahita dan autis, sangat membutuhkan bekal keterampilan, untuk dapat hidup mandiri di kehidupan sehari-hari. Pembelajaran keterampilan seperti olahraga dan memasak menjadi pembelajaran tambahan bagi siswa SLB.

“Pendidikan anak berkebutuhan khusus ini memang lebih mengarah pada keterampilan vokasional (kejuruan), tujuan dan harapannya ke depan bisa membantu kehidupan mereka setelah tamat sekolah,” imbuh Eksi.

SLB Negeri 2 Buleleng memiliki 141 orang siswa, mulai dari jenjang SD, SMP dan SMA. Sekolah juga menyediakan asrama, namun karena kapasitas terbatas masih diprioritaskan pada siswa yang tidak mampu dan jarak rumah ke sekolah jauh. *k23

Komentar