nusabali

Golkar Bocorkan Ada Partai Lain Berproses Gabung KIB

  • www.nusabali.com-golkar-bocorkan-ada-partai-lain-berproses-gabung-kib

JAKARTA, NusaBali
Ketua Umum DPP Partai Golkar Airlangga Hartarto menyebut bakal ada partai lain yang akan masuk Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) yang digagas oleh Golkar, PAN, dan PPP.

Airlangga menyebut partai yang hendak bergabung itu masih dalam proses. “Sedang dalam proses,” kata Airlangga di Kantor DPP Partai Golkar, Palmerah, Jakarta Barat, Minggu (10/7/2022).


Meski begitu, Airlangga belum mau membocorkan partai mana yang akan bergabung dengan KIB. “Namanya sedang, nanti kalau sudah baru diberi tahu,” ucapnya seperti dilansir detikcom.

Diberitakan sebelumnya, Waketum PPP Arsul Sani mengatakan KIB akan memprioritaskan penjajakan tokoh yang diusung capres di internal terlebih dahulu.

“KIB sedang istikharah sekarang untuk mengidentifikasi siapa, terutama dari internal KIB dulu ya, yang pantas untuk dicapreskan dan dicawapreskan,” kata Arsul kepada wartawan, Senin (20/6/2022).

Arsul mengatakan KIB tidak ingin terburu-buru menentukan tokoh capres. KIB ingin menyatukan visi dan misi agar arah koalisi ini melanjutkan program-program pemerintah yang berjalan saat ini.

“Kami juga tidak ingin kemudian, katakanlah, ada keterputusan, karena kalau ada keterputusan maka semua alokasi anggaran yang pernah diberikan menjadi kemungkinan akan tersia-siakan. Nah, itu yang saya kira kami di KIB tidak ingin ada seperti itu,” katanya.

Untuk memantapkan arah koalisi, KIB akan meminta pendapat Presiden Joko Widodo untuk menentukan tokoh capres yang akan diusung. Meski begitu, Arsul menegaskan KIB punya mekanisme sendiri terkait penentuan capres.

“Saya kira sebagai sebuah realitas politik, semua yang turut menentukan dalam konfigurasi politik nasional kita itu pasti akan diajak bicara, tentu pemerintahan pada saat ini, Pak Jokowi, Pak Kiai Ma’ruf Amin sebagai wapres, tentu KIB akan turut mendengarkan. Tetapi, tentu KIB punya, sebagai partai politik, juga otonominya sendirilah,” ujar Arsul. *

Komentar