nusabali

Trail Adventure Angkat Potensi Pariwisata Wanagiri

  • www.nusabali.com-trail-adventure-angkat-potensi-pariwisata-wanagiri

TABANAN, NusaBali
Sebanyak 600 riders mengikuti Trail Adventure Jelajah Lembah Batukau yang digelar Banjar Saribuana, Desa Wanagiri, Kecamatan Selemadeg, Minggu (10/7).

Bupati Tabanan Komang Sanjaya yang membuka event otomotif ini mengapresiasi karena  potensi Desa Wanagiri bisa diangkat kembali. Desa yang berada di lereng atau kaki Gunung Batukau memiliki keindahan dan potensi alam buah manggis, nanas, durian. Bahkan sebelum pandemi, Wanagiri terkenal dengan wisata alamnya yang sering dikunjungi wisatawan lokal maupun asing.

“Dengan adanya kegiatan Trail Adventure Jelajah Lembah Batukaru diharapkan menggeliatkan kembali perekonomian Wanagiri, khususnya di sektor pariwisata,” kata Sanjaya.

Untuk itu, Sanjaya mengajak seluruh masyarakat Wanagiri agar tetap mempertahankan kelestarian lingkungan bagaimanapun perkembangan zaman, sehingga semakin menjadi daya tarik bagi wisatawan lokal maupun asing.

"Karena kita sadari bersama, visi misi Nangun Sat Kerthi Loka Bali, di mana kita bersama-sama wajib menjaga keharmonisan alam Bali ini, baik kramanya, alam dan lingkungannya dan budayanya. Ini tiga hal yang harus tetap dijaga bukan serta merta kita mengeksplore wilayah kita. Namun harus tetap mempertahankan kelestarian dan keharmonisan alam Bali," pinta Sanjaya.

Sanjaya berharap agar masyarakat Wanagiri mampu dengan cerdas mengelola daerahnya, sehingga mampu menjadi Desa Wisata berbasis alam seperti misalnya di Ubud dan desa lainnya yang ada di luar Bali seperti di Malang.

"Mudah-mudahan apa yang digagas oleh seluruh pihak terkait di Desa Wanagiri pada hari ini berjalan dengan baik. Semoga ke depannya Tabanan bisa menjadi sport tourism automotive, dengan naik motor kita bisa berwisata menikmati alam dan lingkungan," imbuh Sanjaya.

Bupati Sanjaya mengatakan sangat terbuka dengan para investor yang berkenan membangun pariwisata di Tabanan dengan tetap mempertahankan alam dan lingkungan serta budaya sekitar.

Sementara itu Perbekel Wanagiri I Wayan Surata yang juga selaku Ketua Panitia, berharap sektor perekonomian di Wanagiri setelah masa pandemi ini bisa berkembang. Di samping itu ia juga berharap agar event ini bisa digelar lebih baik lagi  sekaligus mendukung Wanagiri menuju desa berbasis pariwisata. *des

Komentar