nusabali

Polresta Denpasar dan Kodam IX/Udayana Bagikan Daging Kurban

  • www.nusabali.com-polresta-denpasar-dan-kodam-ixudayana-bagikan-daging-kurban

DENPASAR, NusaBali
Polresta Denpasar serta Kodam IX/Udayana membagikan daging kurban kepada masyarakat pada Hari Raya Idul Adha 1443 Hijriah/2022, Minggu (10/7).

Polresta Denpasar menyembelih hewan kurban terdiri dari 5 ekor sapi dan 11 ekor kambing. Sementara Kodam IX/Udayana yang membagikan daging 5 ekor sapi dan 21 ekor kambing. Belasan ekor hewan kurban yang dagingnya dibagikan kepada warga oleh Polresta Denpasar itu disembelih di halaman parkir Mapolresta Denpasar, Jalan Gunung Sanghyang Nomor 110, Padangsambian, Kecamatan Denpasar Barat. Dagingnya dibagikan ke warga sekitar Mapolresta Denpasar dan ke sejumlah panti asuhan.

Belasan hewan kurban tersebut sebelum sembelih terlebih dahulu diperiksa kesehatannya. Pemeriksaan kesehatan itu untuk memastikan hewan kurban tersebut sehat. Apalagi saat ini sedang terjadi wabah penyakit mulut dan kuku (PMK) pada ternak terutama sapi. Belasan ekor hewan sumbangan itu semuanya dinyatakan sehat.

“Semoga dengan perayaan Idul Adha tahun ini memberikan kebaikan untuk kita semua. Kami keluarga Polresta Denpasar berharap pembagian daging kurban ini membawa berkah bagi kita semua,” ungkap Kabag Sumda Kompol I Nengah Sumadi di sela kegiatan penyembelihan hewan kurban, Minggu kemarin.

Sementara keluarga besar Kodam IX/Udayana menyembelih 5 ekor sapi dan 21 ekor kambing ukuran besar. Daging dari puluhan ekor hewan kurban itu dibagikan kepada keluarga besar Kodam IX/Udayana dan warga di sekitar Makodam.

Kegiatan penyembelihan hewan kurban yang dihadiri oleh Pangdam IX/Udayana Mayjen TNI Sonny Aprianto digelar di Masjid Agung Sudirman, Kelurahan Dauh Puri, Kecamatan Denpasar Barat.

“Apa yang kita laksanakan ini sesuai dengan tema Idul Adha 1443 H/2022 M yaitu menjadikan hikmah Idul Adha 1443 H/2022 M sebagai momentum menumbuhkan kepedulian sosial,” ujar Mayjen Sonny.

Dalam sambutannya Pangdam menyampaikan penyembelihan hewan kurban mengandung dua nilai, yakni nilai kesalehan ritual dan nilai kesalehan sosial. Kesalehan ritual berarti bahwa dengan berkurban kita telah melaksanakan perintah Allah SWT yang menonjolkan hal-hal bersifat keagamaan/kerohanian.

Sementara kurban diartikan sebagai kesalehan sosial karena selain sebagai ritual keagamaan, juga memiliki dimensi kemanusiaan. “Oleh karenanya, bagi umat Muslim yang mampu secara materi dianjurkan untuk menyembelih hewan kurban,” tandas Mayjen Sonny. *pol

Komentar