nusabali

Pasametonan Warga Ageng Lanang Cepaka Pemecutan Gelar Donor Darah

  • www.nusabali.com-pasametonan-warga-ageng-lanang-cepaka-pemecutan-gelar-donor-darah

DENPASAR, NusaBali
Pasametonan Warga Ageng Lanang Cepaka Pemecutan, Denpasar Selatan menggelar ‘Karma Yadnya’ Donor Darah di Gedung Dharma Negara Alaya (DNA) Lumintang, Denpasar Utara, Minggu (10/7).

Donor darah tersebut dibuka Walikota Denpasar I Gusti Ngurah Jaya Negara yang sekaligus menjadi salah satu peserta donor darah. Hadir pula mantan Walikota Ida Bagus Rai Dharmawijaya Mantra, Ketua PMI Provinsi Bali I Gusti Bagus Alit Putra, Anggota DPR RI I Gusti Agung Rai Wirajaya.

Moncol Lanang Cepaka Pemecutan Anak Agung Ngurah Alit Wirakesuma, mengatakan awal mula tercetus untuk mengadakan donor darah dari adanya bencana tsunami Aceh dan gempa bumi di Jogjakarta. Dengan kondisi itu, Pasametonan Warga Ageng Lanang Cepaka Pemecutan yang merupakan salah satu dari 40 moncol yang ada memiliki ide untuk bergerak di bidang kemanusiaan.

Agenda ini bahkan sudah rutin dilakukan tiap tiga bulan sekali yang didukung penuh PMI Provinsi Bali. Untuk kegiatan donor darah saat ini diikuti 112 orang, namun yang memenuhi syarat 89 orang.

Sedangkan untuk bantuan sosial yang dihimpun dalam donor darah, diisi dengan memberikan sembako kepada kusir dokar, tukang suwun, dan petugas kebersihan yang lama mengabdi.

“Berawal dari tsunami Aceh dan gempa di Jogjakarta itu, membuat kami trenyuh mengadakan kegiatan kemanusiaan. Satu-satunya yang bisa kami ambil, yaitu program donor darah. Karena pada saat itu, pemerintah pusat sangat membutuhkan darah,” ucap Agung Wirakesuma.

Walikota Jaya Negara menyambut baik kegiatan sosial ini. Dia berterima kasih atas kontribusi nyata Pasametonan Warga Ageng Lanang Cepaka Pemecutan dalam mendukung ketersediaan stok darah di Kota Denpasar.

“Atas nama pribadi dan Pemerintah Kota Denpasar saya menyampaikan apresiasi sekaligus rasa terima kasih atas kontribusi nyata Pasametonan Warga Ageng Lanang Cepaka Pemecutan dalam aksi sosial donor darah. Tentu ini merupakan sebuah upaya nyata dalam mendukung ketersediaan darah di Kota Denpasar,” ujar Walikota Jaya Negara. *mis

Komentar