nusabali

Ada Semburan Belerang, Petani Diimbau Tidak Tebar Benih Ikan

  • www.nusabali.com-ada-semburan-belerang-petani-diimbau-tidak-tebar-benih-ikan

BANGLI, NusaBali -  Semburan belerang terjadi di Danau Batur, Kecamatan Kintamani, Bangli, Jumat (8/7) pagi. Intensitas semburan belerang masih tergolong sedikit.

Petani ikan di kawasan Danau Batur diingatkan tidak menebar benih ikan. Kadis Pertanian Ketahanan Pangan dan Perikanan (PKP) Bangli, I Made Alit Parwata, mengungkapkan semburan belerang terpantau di Desa Buahan, Desa Kedisan, dan Desa Batur. Perubahan warna air danau belum terlihat. 

Alit Parwata mengatakan, semburan belerang merupakan fenomena tahunan yang biasa terjadi pada bulan Juli hingga September. Langkah antisipasi telah dilakukan dengan sosialisasi kepada petani untuk tidak menebar benih ikan. “Sementara tidak menebar benih ikan untuk mengurangi kematian ikan akibat kekurangan oksigen pasca semburan belerang,” ungkap Alit Parwata. 

Menurut pejabat asal Desa Abuan Kecamatan Susut ini, di kawasan Danau Batur banyak tersebar keramba jaring apung (KJA). Belum terpantau adanya kematian ikan akibat semburan belerang. Masyarakat yang memiliki usaha KJA di sekitar lokasi diimbau tetap waspada. Semburan belerang tahun lalu menyebabkan kematian ikan di Danau Batur mencapai puluhan ton. 7 esa

Komentar