nusabali

Tak Daftar Ulang, Sebagian Beralih ke Swasta

PPDB SMA/SMK Negeri di Denpasar

  • www.nusabali.com-tak-daftar-ulang-sebagian-beralih-ke-swasta

Di SMAN 7 Denpasar ada tiga orang, di SMAN 2 Denpasar ada satu orang, dan di SMKN 2 Denpasar ada satu calon murid baru yang tidak daftar ulang.

DENPASAR, NusaBali
Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) SMA/SMK negeri di Bali menyelesaikan tahap akhir. Peserta didik yang dinyatakan lolos seleksi diwajibkan melakukan pendaftaran ulang pada 5-7 Juli 2022. Sebagian besar calon peserta didik yang dinyatakan lolos telah mendaftar kembali, namun ada juga yang tidak melakukan pendaftaran kembali. Sebagian menyatakan memilih melanjutkan pendidikan di sekolah swasta.

Kepala Sekolah SMA Negeri 7 Denpasar Cokorda Gede Anom Wiratmaja SPd, MPd, mengatakan dari 360 calon siswa yang lolos seleksi di sekolahnya, tiga orang tidak melakukan pendaftaran kembali sampai batas hari terakhir. 

“Dua orang mengatakan dapat sekolah di tempat lain, tapi tidak menyebutkan di mana. Satu lagi tidak bisa dihubungi,” ujar Cok Wiratmaja, ditemui di sekolahnya, Jumat (8/7). 

Dia mengaku tidak mempermasalahkan adanya calon siswa yang tidak mendaftar ulang. Karena merupakan hak masing-masing orang. Selanjutnya pihaknya tidak akan mengisi kekosongan kursi yang ditinggalkan, karena kewenangan sepenuhnya pada Dinas Pendidikan, Kepemudaan, dan Olahraga (Disdikpora) Provinsi Bali. “Tidak akan diisi, diserahkan ke dinas,” kata Cok Wiratmaja. 

Bagi siswa yang telah berhasil melakukan pendaftaran ulang, maka selanjutnya bersiap menempuh pendidikan. Mulai Senin (11/7) mereka akan mengikuti MPLS (Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah). 

Sementara itu, Kepala Sekolah SMAN 2 Denpasar Drs Ida Bagus Sueta Manuaba MPd, mengatakan setiap tahun ada saja calon siswa yang telah lolos seleksi namun tidak melakukan pendaftaran ulang. Pada tahun ini ada satu calon siswa yang tidak mendaftar kembali, sehingga total ada 327 calon siswa yang resmi melanjutkan pendidikan di SMAN 2 Denpasar. 

“Ada satu yang tidak mendaftar, katanya sudah diterima di sekolah swasta,” ujar Manuaba. 

Dia pun berujar jika kursi kosong yang tidak terisi tersebut tidak akan serta merta diisi oleh pihak sekolah. 

Di sekolah kejuruan juga terdapat calon siswa yang tidak mendaftar ulang setelah dinyatakan lolos seleksi. Kepala Sekolah SMKN 2 Denpasar, Drs I Dewa Bagus Ketut Wartawan, menyatakan ada satu calon siswa yang tidak melakukan pendaftaran dari 321 calon siswa yang sebelumnya dinyatakan lolos seleksi. 

“Hampir semua mendaftar ulang, hanya satu yang tidak. Katanya sudah di sekolah swasta,” ungkap Dewa Wartawan. 

Sementara itu Kadisdikpora Bali I Ketut Ngurah Boy Jayawibawa, belum dapat dikonfirmasi mengenai telah berakhirnya proses PPDB SMA/SMK negeri tahun ajaran 2022/2023. 7 cr78

Komentar