nusabali

Hanura Bali Serahkan Sumbangan Hewan Kurban untuk Umat Muslim

  • www.nusabali.com-hanura-bali-serahkan-sumbangan-hewan-kurban-untuk-umat-muslim

DENPASAR, NusaBali.com – Menyambut Hari Raya Idul Adha 1443 Hijriyah, Minggu (10/7/2022), DPP Partai Hanura Provinsi Bali menyerahkan hewan kurban untuk masyarakat muslim di Denpasar.

Sebanyak delapan ekor kambing diserahkan kepada delapan perwakilan masjid, musala, majelis taklim, dan yayasan yang berada di Kota Denpasar pada Jumat (8/7/2022) pagi. 

“Kegiatan ‘Ber-Qurban untuk Negeri’ ini juga dilangsungkan di 34 provinsi seluruh Indonesia. Dan untuk di Bali dipusatkan di Kota Denpasar,” kata Ketua DPP Partai Hanura Bali I Kadek Arimbawa.

Adapun perwakilan umat muslim yang hadir dalam prosesi penyerahan hewan kurban yang dilangsungkan di halaman kantor DPP Partai Hanura Bali di Jalan Imam Bonjol 241 Denpasar Barat, antara lain, Yayasan Al-Ikhlas Pulau Misol, Yayasan Al-Ikhlas Bumi Werdi Pulau Ayu, Mushola Al Makmur Banjar Buagan, Masjid Suci Banjar Pekambingan, Mushola Attawabin dan Majelis Taklim Nusa Kambangan.

Sementara itu perwakilan umat muslim, Ahmad Jauhari,  menyatakan penyerahan hewan kurban dari DPD Hanura Bali diterima dengan rasa syukur, meskipun sebelumnya tidak menduga sama sekali akan mendapat bantuan. 

“Kami merasa bersyukur, tapi serasa surprise  juga karena kita tidak menduga. Tanpa kami minta, Allah SWT memberi amanah lewat sahabat kita Hanura dalam bentuk hewan kurban,” kata tokoh muslim asal Jalan Pulau Misol Denpasar Barat ini.

Pengurus Mushola Attawabin ini pun mengakui jika momentum seperti ini (Idul Adha), sebelumnya menjadi momentum partai-partai  berbasis muslim. “Justru kali ini ngapunten (mohon maaf, Red), momentum ini diambil oleh partai sahabat kita.Hanura,” ujarnya.

Ahmad Jauhari menambahkan bahwa perhatian dari Hanura juga membuktikan bahwa untuk memilih pemimpin tak harus sesama muslim. “Kita memiliki falsafah Pancasila, selagi bermanfaat di masyarakat silakan. Hanura bisa dikatakan seperti partai kita, karena sudah melekat di kalangan muslim,” lanjut Ahmad Jauhari.

“Kata pemimpin kami, tokoh kami, junjungan kami,  Nabi Muhammad SAW, khoirunnas anfauhum linnas. Sebaik-baiknya manusia adalah yang bermanfaat untuk sesama,” kata Ahmad Jauhari menukil sebuah Hadits.

Sementara itu ‘Ber-Qurban untuk Negeri’ yang dilakukan Hanura sebelumnya hanya menjadi program di DPP Hanura dan beberapa DPD Hanura saja. Namun pada Idul Adha 1443 Hijriyah dilaksanakan serentak di 34 provinsi.

“Sebelumnya menyambut Hari Raya Galungan dan Kuningan lalu, kami juga sudah membagikan daging babi untuk masyarakat di Kabupten Klungkung dan Buleleng. Jadi kali ini kami bagikan daging kambing untuk saudara muslim,” kata Kadek Arimbawa didampingi Bendahara DPD Hanura Bali Noven Sigit Ari Susanto.

Hewan kurban yang dibagikan rencananya disembelih pada Minggu (10/7/2022) setelah salat Id di tempat-tempat yang sudah ditentukan, dan selanjutnya didistribusikan kepada masyarakat.

Komentar