nusabali

Diskerpus Gelar Pameran Baligrafi Tulisan Bali

  • www.nusabali.com-diskerpus-gelar-pameran-baligrafi-tulisan-bali

MANGUPURA, NusaBali
Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kabupaten Badung, menggelar Pameran Baligrafi Tulisan Bali, Kamis (7/7) di Puspem Badung.

Pameran yang berlangsung dua hari ini berkolaborasi dengan Yowana Kelurahan Kapal, Kecamatan Mengwi. Diajang tesebut juga diselenggarakan pameran arsip dan pameran hasil inklusi sosial.

Pameran Baligrafi Tulisan Bali dibuka resmi Asisten Administrasi Umum Setda Badung Cokorda Raka Darmawan. Turut hadir Kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kabupaten Badung Ni Wayan Kristiani, Perwakilan Dinas Kebudayaan, Perwakilan Dinas Pendidikan, Kepemudaan dan Olahraga, Bendesa Adat Kapal serta undangan lainnya.

Mewakili Bupati Badung I Nyoman Giri Prasta, Raka Darmawan menyampaikan apresiasi yang tinggi atas terselenggaranya pameran ini. “Selama ini kita melihat naskah kuno dan budaya etnis yang ada pada masyarakat belum mendapat perhatian dan perawatan. Untuk itu diharapkan melalui pameran baligrafi dapat dikembangkan menjadi suatu karya seni yang bernilai tinggi,” katanya.

Sementara Kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kabupaten Badung Ni Wayan Kristiani, mengatakan pameran ini dilaksanakan selama dua hari. Pameran terselenggara berkolaborasi dengan Yowana Kelurahan Kapal, Kecamatam Mengwi.

“Pameran ini mengambil tema ‘Dengan Pameran Baligrafi Kita Wujudkan Kecintaan dan Kreativitas Generasi Muda dalam Melestarikan Aksara Bali’. Adapun tujuan dari pelaksanaan pameran ini diantaranya untuk meningkatkan kepedulian masyarakat khususnya generasi muda dalam ikut menjaga dan melestarikan naskah kuno serta budaya etnis nusantara, menjadikan karya Baligrafi Tulisan Bali sebagai kreativitas seni dan bernilai religius,” ujarnya.

“Kami juga berharap melalui pameran ini dapat memotivasi dan menumbuhkan kreativitas generasi muda yowana se-Kabupaten Badung untuk berkarya,” hara Kristiani. *asa

Komentar