nusabali

Kebakaran Hebat Hanguskan Rumah Lansia

  • www.nusabali.com-kebakaran-hebat-hanguskan-rumah-lansia

SINGARAJA, NusaBali
Sebuah rumah milik warga lanjut usia (lansia) bernama Wayan Lanyah, 75, ludes terbakar, pada Kamis (7/7) dinihari.

Api menghanguskan rumah dan seluruh isinya hingga tak tersisa. Beruntung, korban yang tinggal sendirian di rumahnya itu berhasil menyelamatkan diri dari amukan si jago merah. I Ketut Cantyana Kabid Pemadaman, Penyelamatan dan Sarana Prasarana Dinas Pemadam Kebakaran Kabupaten Buleleng mengatakan, pihaknya menerima laporan kebakaran rumah, Kamis dii hari pukul 02.05 Wita. Saat itu, tetangga korban bernama Kadek Laksmi melaporkan kebakaran di sebuah rumah yang beralamat di Jalan Udayana, Gang Sandat Nomor 1, Kota Singaraja.

Dinas Damkar Buleleng pun mengerahkan tiga unit armada pemadam dari Pos Induk dan Pos III  Seririt dengan 13 personel ke tempat kejadian kebakaran. Rumah yang berdiri di atas lahan seluas 4 are tersebut dilalap habis oleh si jago merah. Volume api memenuhi rumah yang membuat sebagian besar rumah tersebut hangus terbakar.

Saat ditangani petugas pemadam, volume api terus membesar karena percikan arus pendek listrik atau korsleting berulangkali terjadi. "Api baru bisa dipadamkan selama 1 jam 20 menit penanganan sekitar pukul 03.30 Wita dini hari. Pemilik rumah, yang berumur 75 tahun berhasil selamat setelah keluar dari rumah sebelum api membesar," kata Ketut Cantyana.

Menurut Ketut Cantyana, akibat kejadian tersebut seluruh rumah dan barang-barang di dalamnya hangus terbakar. "Jumlah kerugian masih ditaksir dan penyebab pasti kebakaran ini masih dalam penyelidikan," tandasnya. *mz

Komentar