nusabali

Gilas Brunei, Timnas Urutan Kedua

Thailand Puncaki Grup A Piala AFF U-19

  • www.nusabali.com-gilas-brunei-timnas-urutan-kedua

Indonesia meraih kemenangan pertama, usai ditahan Vietnam U-19 pada laga perdana, Sabtu (2/7). Tini Timnas meraih 4 poin dan di posisi dua di Grup A.

BEKASI, NusaBali
Timnas Indonesia U-19 menang 7-0 atas Brunei Darussalam U-19 pada laga kedua Grup A Piala AFF U-19 2022, di Stadion Patriot Chandrabhaga, Bekasi, Senin (4/7) malam. Hasil itu membuat Timnas U-19 di urutan kedua klasemen, di bawah Thailand di peringkat pertama. Selanjutnya, Indonesia akan melawan Thailand, Rabu (6/7) besok.

Indonesia tampil tanpa ampun melawan Brunei. Dominasi total diperlihatkan pasukan Shin Tae-yong. Baru dua menit laga berjalan, Hokky Caraka membawa Timnas unggul 1-0, usai memanfaatkan umpan Kakang Rudiyanto.

Gol kedua datang pada menit ke-11, lewat Ronaldo Kwateh, dan  skor berubah 2-0. Tiga menit berselang, Hokky kembali menjauhkan keunggulan Indonesia 3-0, usai memanfaatkan kemelut  di depan gawang lawan. .

Pada menit ke-19, Arkhan mencatatkan namanya di papan skor. Sepakannya dari tepi kotak penalti masuk ke gawang Brunei. Semenit berselang, Arkhan kembali unjuk gigi. Dia mencetak gol keduanya, usai bekerja sama dengan Ronaldo, untuk masuk ke kotak penalti. Tendangannya mengirim bola bersarang ke gawang Brunei.

Di menit ke-36, Indonesia nyaris dapat gol keenam. Hokky menerima umpan Kakang dari sisi kanan, namun bola sontekannya menerpa mistar gawang Brunei.  Lalu jelang babak pertama tuntas, Hokky Caraka membuat gol keenam, sekaligus hat-trick-nya. Hingga turun minum, tak ada gol tambahan tercipta. Timnas U-19 unggul 6-0 atas Brunei U-19 di babak pertama.

Di kabak kedua berjalan, dominasi Indonesia masih berlanjut. Gempuran terus dilakukan ke gawang Brunei. Namun, Brunei sedikit lebih sabar dalam menjaga wilayahnya. Kondisi itu membuat Indonesia sempat kesulitan menambah gol.

Baru pada menit ke-61, Timnas U-19 mendapatkan gol ketujuh. Alfriyanto Nico Saputro, yang baru masuk mampu menjebol gawang Brunei dan jadi 7-0. Dia memanfaatkan kesalahan bek Brunei mengantisipasi crossing. Skor menjadi 7-0.

Dalam upaya mempertahankan wilayahnya, pemain Brunei banyak yang terkapar. Namun, hingga laga bubar, tak ada gol tambahan lagi. Indonesia U-19 menang 7-0 atas Brunei.

Hasil ini membuat Indonesia mengemas kemenangan pertama di Piala AFF U-19 2022, setelah ditahan Vietnam U-19 pada laga perdana, Sabtu (2/7). Anak asuh Shin Tae-yong kini meraih 4 poin di Grup A, dan berada di posisi dua.

Indonesia kalah poin dari Thailand, yang di pucak klasmen dengan 6 poin dari dua laga. Indonesia unggul selisih gol dari Vietnam, yang juga mengoleksi empat poin di posisi tiga.  Thailand di puncak klasemen usai menang 3-0 atas Myanmar di Stadion Patriot Candrabhaga, Bekasi. Sedangan  Vietnam mengalahkan Filipina 4-1 pada laga di Stadion Madya Gelora Bung Karno, Jakarta. Hasil itu membuat Vietnam meraih empat poin, usai menang atas Filipina 4-1 dan seri sekali lawan Indonesia. *

Myanmar di posisi ketiga Grup A dengan tiga poin dari dua laga, yakni menang 7-0 atas Brunei dan kalah dari Thailand. Filipina dan Brunei di urutan kelima dan keenam usai dua kali kalah. *

Komentar