nusabali

Inilah Kriteria yang Pantas Untuk Praktisi Public Relation

  • www.nusabali.com-inilah-kriteria-yang-pantas-untuk-praktisi-public-relation

DENPASAR, NusaBali.com - Pentingnya Public Relation (PR) yang sangat besar dan berpengaruh terhadap kelangsungan perusahaan tentu tak bisa sembarangan dalam menunjuk siapa yang pantas menjalankan Public Relation.

Kerjasama serta manajemen yang baik perlu diperhatikan dalam menjalankan Public Relation baik di internal maupun eksternal perusahaan.

Agar target Public Relation dapat tercapai dengan efisien dan berdampak positif terhadap perusahaan, perlu untuk memilih praktisi Public Relation yang benar-benar ahli di bidangnya dan dapat bekerjasama dengan baik.

Syarat-syarat Wajib Menjadi Praktisi Public Relation

Sebagai praktisi Public Relation yang akan berhubungan dengan khalayak dengan mempertanggungjawabkan reputasi perusahaan, perlu untuk memenuhi syarat-syarat wajib yang harus dimiliki.

1. Profesional di Bidangnya

Seorang praktisi Public Relation harus memiliki kemampuan yang kompeten agar nanti personalnya dapat diakui dan dihargai dalam menjalin sebuah relasi di masyarakat maupun pemerintahan.

Jika seorang ahli Public Relation memiliki skill yang kompeten dan dapat memanajemen dengan baik reputasi perusahaan, maka ahli tersebut akan senantiasa dapat diandalkan dan dipercaya untuk membawa tanggung jawab ini.

2. Mampu Menciptakan Jalur Komunikasi yang Baik

Terdapat berbagai media untuk menjalankan Public Relation yang dapat menciptakan jalur komunikasi, diantaranya adalah melalui jurnalistik atau jasa press release yang membawa keterlibatan besar terhadap pers, masyarakat, dan juga pemerintahan.

Disamping itu, seorang praktisi Public Relation juga harus dapat menciptakan jalur komunikasi dua arah yang baik entah itu di dalam maupun di luar perusahaan.

Dengan penyampaian pesan dan informasi yang dapat dipercaya, nantinya akan membuat jalinan hubungan perusahaan baik internal maupun eksternal dapat menciptakan rasa saling memahami.

3. Siap Menghadapi dan Tampil di Muka Publik

Karena Public Relation tak jauh dari mata orang banyak atau publik, maka seorang praktisi Public Relation harus mampu dan siap menghadapi orang banyak baik itu sambutan resmi, pidato, wawancara, atau kegiatan lain yang tampil di depan publik.

Dengan kesiapan dan kematangan seorang praktisi Public Relation untuk menghadapi publik, tentu juga akan membawa nama baik perusahaan menjadi lebih disegani.

4. Mampu Membina Relasi atau Kerjasama di Berbagai Pihak

Tak hanya masalah komunikasi saja, praktisi Public Relation juga wajib untuk ikut andil dalam membina relasi atau kerjasama dari perusahaan ke berbagai pihak.

Seorang praktisi Public Relation harus mampu membina suatu jalinan hubungan kerjasama yang baik di pihak-pihak tertentu yang dituju oleh perusahaan agar saling menguntungkan dan memahami satu sama lain.

Ketua Asosiasi Perusahaan Public Relation Indonesia Jojo Suharjo mengatakan, media massa memiliki peranan yang amat penting dalam menyebarkan informasi baik yang berbentuk fakta maupun opini publik untuk menjalin hubungan satu sama lain.

Oleh karena itu, saat hubungan dengan media mampu terjalin dengan baik, nantinya seorang praktisi Public Relation dapat meminta dukungan untuk meriliskan berita klarifikasi apabila terjadi suatu kesalahpahaman seperti berita hoaks.

5. Mampu Berkomunikasi Terkait Krisis Perusahaan

Satu lagi syarat yang harus dimiliki oleh seorang praktisi Public Relation adalah mampu mengkomunikasikan dan ikut menangani krisis yang terjadi di perusahaan.

Tak dapat dipungkiri bahwa situasi krisis di perusahaan dapat terjadi kapan saja, ketika hal tersebut terjadi seorang praktisi Public Relation diharapkan mampu ikut andil bersama dengan tim manajemen yang ada di perusahaan.

Ketika krisis terjadi perusahaan biasanya akan menjadi target banyak media,  dalam kondisi ini praktisi Public Relation bertanggung jawab sebagai spokesperson atau juru bicara untuk menyelesaikan krisis yang terjadi dan menghadapi media.

Demikianlah tadi syarat-syarat penting yang harus dimiliki oleh seorang praktisi Public Relation.

Komentar