nusabali

BIN Bali Gencarkan Vaksinasi Door to Door

Sisir Warga Belum Vaksin di Jimbaran

  • www.nusabali.com-bin-bali-gencarkan-vaksinasi-door-to-door

MANGUPURA, NusaBali
Badan Intelijen Negara (BIN) Daerah Bali kembali gencar melakukan vaksinasi Covid-19 di wilayah Badung.

Menariknya, guna menyisir warga yang belum divaksin, petugas mendatangi rumah alias door to door.  Salah satu lokasi yang disisir oleh petugas tersebut yakni di Banjar Bhuana Gunung, Kelurahan Jimbaran, Kecamatan Kuta Selatan, Badung.

Kepala Lingkungan Bhuana Gubug, Jimbaran, I Wayan Mana menyambut baik kegiatan yang dilaksanakan BIN Bali itu. Apalagi sepengetahuan dia, di wilayahnya memang masih terbilang banyak warga yang belum menerima vaksin lengkap. Alasan mereka bermacam-macam. Ada yang menyebut lantaran antrean terlalu banyak dan ada pula yang beralasan tempat layanan yang jauh. "Sehingga dengan adanya vaksinasi door to door ini, sangat membantu warga yang belum mendapat vaksin," kata Wayan Mana, Sabtu (2/7)

Selain itu, lanjut Wayan Mana, tingginya mobilitas warga juga menjadi salah satu faktor lain. Apalagi mayoritas warga yang tinggal di lingkungan Bhuana Gubug adalah bersifat sementara. Tidak dipungkirinya pula, ada beberapa lansia yang bahkan belum menerima vaksinasi Covid-19 sekalipun. Hal itu akibat penyakit penyerta yang diderita. Tapi karena kini telah mendapat izin dari dokter, beberapa di antaranya sudah bisa menerima vaksin. "Di sini banyak penduduk yang sifatnya sementara. Ada yang datang, ada yang pergi. Mungkin yang baru datang itu belum vaksin. Sehingga kesannya masih banyak yang belum vaksin, utamanya booster,” tambahnya.

Dia juga tidak memungkiri, seiring dengan menggeliatnya kembali pariwisata Bali, masyarakat pada umumnya diharapkan untuk sadar terhadap pentingnya vaksinasi Covid-19. Dengan demikian, maka tubuh akan lebih siap untuk berinteraksi dengan banyak orang. Dia pun berharap layanan vaksinasi jemput bola ini bisa berlanjut, untuk menyisir warga yang belum mendapat vaksinasi lengkap. "Tentu harapannya kegiatan seperti ini akan terus dilakukan ke depannya," harap Wayan Mana seraya mengakui untuk vaksinasi door to door di wilayahnya itu dilakukan pada Selasa (28/6) lalu.

Untuk diketahui, terhitung dalam rentang 21 hingga 23 Juni 2022, sudah ada 620 dosis vaksin tersalurkan kepada masyarakat Badung melalui program vaksinasi massal oleh BIN Bali. Dari angka tersebut, 90 di antaranya adalah dosis I, 103 dosis II, dan 427 dosis III. *dar

Komentar