nusabali

Shin Tae-yong Kejar Misi Khusus

Laga Timnas U-19 vs Vietnam, Sabtu Malam

  • www.nusabali.com-shin-tae-yong-kejar-misi-khusus

Turnamen U-19 ini pertama untuk saya. Jadi, saya ingin melihat level Timnas U-19 seperti apa karena kami fokus bukan pada turnamen ASEAN. Kami melihat Piala Dunia U-20 tahun depan.

JAKARTA, NusaBali
Pelatih Timnas Indonesia U-19 Shin Tae-yong mengaku punya misi khusus di Piala AFF U-19 2022. Selain menargetkan gelar juara, Shin Tae-yong ingin melihat level permainan anak asuhnya. Shin pun menjadikan Piala AFF U-19 2022 sebagai tolok ukur untuk Piala Dunia U-20 2023.

"Turnamen U-19 ini pertama untuk saya. Jadi, saya ingin melihat level Timnas U-19 seperti apa karena kami fokusnya bukan pada turnamen ASEAN. Kami melihat Piala Dunia U-20 tahun depan," kata Shin Tae-yong, dalam konferensi pers di Jakarta, Jumat (1/7).

Timnas U-19 tergabung di Grup A Piala AFF U-19 2022. Pada laga pembuka, Ronaldo Kwateh dkk akan menghadapi Vietnam di Stadion Patriot Candrabhaga, Sabtu (2/7) malam, pukul 21.30 Wita.

Shin Tae-yong juga mengaku punya pengalaman dalam menangani tim usia muda. Shin Tae-yong pernah menangani timnas Korea Selatan U-20 pada 2016-2017.

"Saya punya pengalaman bersama Timnas U-20 Korea sehingga akan melihat persaingannya bagaimana saat melawan tim ASEAN. Nantinya juga ingin melihat level kami seperti dengan melawan tim asal Eropa, Afrika, dan Amerika Latin," kata Shin Tae-yong.

Meski menyambut antusias Piala AFF U-19, Shin Tae-yong mengaku buta kekuatan tim pesaing di Grup A. Yakni, Vietnam, Filipina, Myanmar, Thailand, dan Brunei Darussalam.

"Tidak ada informasi apapun tentang semua lawan. Namun, para pemain sudah siap untuk bekerja maksimal pada setiap pertandingan untuk mendapatkan hasil yang baik," tegas Shin Tae-yong.

Timnas U-19 berkekuatan 28 pemain untuk Piala AFF U-19. Shin yong menyertakan nama pemain terbaik untuk bersaing meraih gelar juara. Dari 28 pemain, 23 diantaranya didaftarkan memperkuat Timnas U-19. Adapun lima nama masuk sebagai cadangan.

Sementara itu, media Vietnam, Zingnews, menyebut empat pemain Vietnam yang mempunyai potensi merepotkan Indonesia, yakni Nguyen Van Truong menjadi yang pertama. Dia menunjukkan performa bagus saat menjalankan peran sebagai box-to-box midfielder.

Selain itu, Khuat Van Khang juga menonjol. Seperti Van Truong, Van Khang juga anggota Timnas U-23 Vietnam. Keunggulan Van Khang daya jelajah yang tinggi dan membantu pertahanan.

Lalu Nguyen Duc Viet juga harus diwaspadai Indonesia. Dia mempunyai posisi sebagai holding midfielder. Lalu di lini depan, Nguyen Quoc Viet yang yang jadi bagian Vietnam saat juara Piala AFF U-23 di Kamboja. Qoc Viet menyumbangkan satu assist dalam ajang itu. *

Komentar