nusabali

Kasek SD Se-Kecamatan Selat Belajar Kurikulum Merdeka

  • www.nusabali.com-kasek-sd-se-kecamatan-selat-belajar-kurikulum-merdeka

AMLAPURA, NusaBali
Kelompok Kerja Kepala Sekolah (K3S) SD Kecamatan Selat Karangasem menggelar workshop Kurikulum Merdeka di SDN 1 Duda Kecamatan Selat, Jumat (1/7). Workshop diikuti 34 kasek SD.

Kurikulum Merdeka diterapkan pada tahun ajaran 2022/2023 untuk kelas I hingga kelas IV SD. K3S menghadirkan Korwil Dinas Pendidikan Kepemudaan dan Olahraga (Disdikpora) Kecamatan Selat, I Ketut Mertayasa, selaku narasumber.

Ketut Mertayasa mengungkapkan, para peserta mengaku belum sepenuhnya memahami materi Kurikulum Merdeka. Siswa kelas I hingga kelas IV yang menerima pelajaran dengan Kurikulum Merdeka. Dengan Kurikulum Merdeka, sekolah bisa mengajarkan bahasa Inggris. “Bahasa Inggris masuk muatan lokal,” jelas Ketut Mertayasa. Bahasa Bali menjadi pelajaran wajib. Kurikulum Merdeka menekankan pendidikan literasi. “Usai guru mengajar, siswa wajib membuat resume cerita, judul, dan isinya. Dengan cara itu, siswa paham apa yang diajarkan guru,” ungkap Ketut Mertayasa.

Menurut Ketut Mertayasa, di Karangasem masih nihil SD yang menerapkan Kurikulum Merdeka. Kondisi ini menyebabkan para kasek SD di Karangasem melakukan studi tiru. Kasek SDN 4 Duda Utara, Ni Wayan Putu Suarni mengaku telah memahami materi Kurikulum Merdeka secara umum. “Nanti akan berkembang saat dipraktekkan di kelas,” jelas Suarni. Implementasi Kurikulum Merdeka lebih banyak siswa belajar mandiri. Kasek SDN 1 Selat yang juga Ketua Panitia Workshop Ni Nengah Arniti akan melakukan evaluasi setelah praktek di kelas. *k16

Komentar