nusabali

Demokrat Sesumbar Rebut 7 Kursi DPRD Karangasem

Rekrut Caleg Kalangan Tokoh Masyarakat

  • www.nusabali.com-demokrat-sesumbar-rebut-7-kursi-dprd-karangasem

‘Kepemimpinan  DPC Demokrat kali ini kan beda gebrakannya, makanya pasang target tinggi 7 kursi DPRD Karangasem dan mempertahankan 1 kursi DPRD Bali’

AMLAPURA, NusaBali

Begitu ditetapkan sebagai Ketua DPC Demokrat Karangasem periode 2022-2027, I Komang Wirawan segera tancap gas konsolidasi ke bawah. Anggota Fraksi Demokrat DPRD Bali ini sesumbar Partai Demokrat bakal merebut 7 kursi DPRD Karangasem di Pemilu 2024 mendatang.

Target ini kata Wirawan memang terbilang fantastis. Sebab Demokrat Karangasem selama keikutsertaannya di pemilu legislatif capaian tertinggi hanya merebut 4 kursi DPRD Karangasem pada Pileg 2009. Untuk Pemilu 2024 nanti minimal 4 kursi alias membentuk satu fraksi DPRD Karangasem dan 1 kursi DPRD Bali.

“Kepemimpinan  DPC Demokrat kali ini kan beda gebrakannya, makanya pasang target tinggi 7 kursi DPRD Karangasem dan mempertahankan 1 kursi DPRD Bali, tentu saja kami telah ada hitung-hitungan politiknya,” ujar Wirawan dihubungi di Amlapura, Karangasem, Jumat (1/7).

Dibeber Wirawan, keikutsertaan Demokrat diawali pada Pileg 2004 di Karangasem dengan merebut 2 kursi DPRD Karangasem. Kemudian pada Pileg 2009 merebut 4 kursi DPRD Karangasem. Perolehan Demokrat untuk kursi dewan di Karangasem kemudian terus merosot ketika pada Pileg 2014 dengan hanya merebut 3 kursi. Dan pada Pileg 2019 hanya menempatkan 2 wakilnya di DPRD Karangasem.

Sebanyak 2 kursi yang masih bertahan saat ini direbut I Gede Agung Puspada dari daerah pemilihan Karangasem III (Kecamatan Manggis) dan I Wayan Suparta dari daerah pemilihan Karangasem IV (Kecamatan Selat, Kecamatan Rendang dan Kecamatan Sidemen).

Wirawan sendiri dikukuhkan sebagai Ketua DPC Demokrat Karangasem masa bakti 2022-2027, setelah jalani uji kelayakan yang dilakukan tim 5 yang terdiri dari 3 orang unsur DPP dan 2 orang unsur DPD. Wirawan menyingkirkan kandidat I Wayan Suparta yang lebih diunggulkan.

Wirawan mengatakan begitu ditetapkan sebagai Ketua DPC, pihaknya segera menyusun kepengurusan DPC. Sambil menyusun kepengurusan DPC Demokrat, juga susun strategi merebut 7 kursi DPRD Karangasem dan mempertahankan 1 kursi DPRD Bali. “Kepengurusan DPC Karangasem segera dibentuk,” ujar politisi asal Desa Sukadana, Kecamatan Kubu, Karangasem ini.

Untuk mewujudkan 7 kursi DPRD Karangasem, Wirawan mengatakan akan merekrut kader dan caleg potensial dengan tolok ukur yang jelas. “Caranya dengan merekrut kader potensial dari kalangan tokoh masyarakat, baik kader laki maupun perempuan di tiap kecamatan yang dimotori Ketua PAC,” kata anggota Komisi IV DPRD Bali ini. *k16

Komentar