nusabali

KPU Tabanan 'Todong' Bupati Sanjaya Gudang Logistik

  • www.nusabali.com-kpu-tabanan-todong-bupati-sanjaya-gudang-logistik

TABANAN, NusaBali
Tahapan Pemilu 2024 yang sudah dimulai membuat jajaran KPU (Komisi Pemilihan Umum) Kabupaten Tabanan makin sibuk.

Saat pertemuan di Kantor Bupati Tabanan, Jumat (1/7) KPU Tabanan ‘todong’ Bupati Tabanan Komang Gede Sanjaya agar difasilitasi gudang logistik.  

Gudang logistik ini diminta lantaran KPU Tabanan belum memiliki ruangan refresentatif untuk penyimpanan logistik. Tiap ada hajatan pemilu gudang logistik selalu nomaden (berpindah-pindah,red). Dari Pemilu ke Pemilu, KPU Tabanan pernah menggunakan lapangan tenis Alit Saputra, Tabanan, kemudian Lapangan Debes juga sempat disulap untuk gudang logistik.

Ketua KPU Tabanan, I Putu Gede Weda Subawa menyampaikan, tahapan Pemilu ini sengaja disampaikan lebih awal karena sangat berkaitan dengan proses pemilihan di Tabanan. “Proses tahapan Pemilu 2024 sudah dimulai 14 Juni diawal penyusunan program, kemudian nanti yang terdekat akan dimulai dengan pendaftaran partai politik (parpol). Hingga akhirnya Pemilu akan berlangsung di 14 Februari 2024,” ujar Weda Subawa.

Untuk itu, dia berharap sinergitas Pemkab Tabanan dengan KPU dalam Pemilu nanti sangat penting. “Yang terpenting dibantu untuk fasilitas penyediaan gudang logistik.  Kebutuhan gudang logistik Pemilu sangat kami harapkan, semoga Pemkab Tabanan bisa memfasilitasi peminjaman gedung yang refresentatif,” harapnya.

Selain soal Pemilu serentak 2024, Weda Subawa juga menyinggung Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) pada November tahun 2024 mendatang. Mulai dari pola pengganggaran yang diatur dalam Permendagri 41 tahun 2020, serta pola sharing dan kebutuhan anggaran antara kabupaten dengan provinsi, supaya bisa disiapkan langkah-langkah awal.

Sementara itu, anggota KPU Provinsi Bali, Luh Putu Sri Widyastini menyampaikan hal senada untuk difasilitasi gudang logistik. “ Kami titip kawan-kawan kami di Tabanan untuk bisa bersinergi sesuai dengan aturan yang berlaku. Kita berharap Pemkab Tabanan dapat membantu memfasilitasi gudang logistik dalam pemilihan 2024 mendatang, sehingga tidak mengganggu proses tahapan,” harap Sri Widyastini.

Atas aspirasi tersebut, Bupati Sanjaya menyatakan akan membantu Pemilu 2024 sesuai dengan aturan. Terlebih kinerja KPU Tabanan selama ini diakui bagus. Terbukti pada Pemilu sebelumnya sangat minim ditemukan pelanggaran. “Kita apresiasi kinerja dan komunikasi KPU,” tandasnya. *des

Komentar