nusabali

Kawal Pemilu, Bawaslu -Kejari Gianyar Bentuk Gakkumdu

  • www.nusabali.com-kawal-pemilu-bawaslu-kejari-gianyar-bentuk-gakkumdu

GIANYAR, NusaBali
Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Gianyar dan Kejaksaan Negeri Gianyar siap berkolaborasi mengawal Pemilu Serentak 2024 mendatang.

Bawaslu dan Kejari Gianyar segera membentuk Sentra Penegakan Hukum Terpadu (Gakkumdu) sebagai bagian penegakan hukum pada pesta demokrasi 2024.

”Dengan dimulainya tahapan Pemilu 2024 pada tanggal 14 Juni, Bawaslu Kabupaten Gianyar berkoordinasi dengan Kejaksaan Gianyar akan pembentukan Sentra Gakkumdu. Gakkumdu ini terdiri dari unsur Bawaslu, Kepolisian dan Kejaksaan,” ujar Ketua Bawaslu Gianyar, I Wayan Hartawan usai pertemuan dengan jajaran Kejari Gianyar, di Gianyar, Jumat (1/7) siang.

Hartawan menambahkan untuk formasi anggota Sentra Gakkumdu, Bawaslu Gianyar akan bersurat kepada Kejaksaaan Gianyar. “Berkenaan dengan jajaran yang akan ditempatkan sebagai anggota sentra Gakkumdu, Kita akan surati Kejari Gianyar secepatnya,” ujar Hartawan.

Menanggapi hal tersebut Kajari Gianyar Ni Wayan Sinaryati mengatakan bahwa pertemuan kemarin merupakan langkah awal sinergitas dan kolaborasi antar lembaga dalam melaksanakan tugas dan fungsinya pada pelaksanaan Pemilu tahun 2024.

“Saya sangat senang dengan kedatangan Bawaslu, karena hal itu akan menjadi kolaborasi dan sinergitas Kita dalam melaksanakan tugas-tugas dan fungsi, terlebih lagi dalam Sentra Gakkumdu. Karena keberadaan Kejaksaan dan Bawaslu tidak bisa terlepas dalam pelaksanaan Pemilu,”ungkapnya.

Lebih lanjut Sinaryati menegaskan implementasi dari pertemuan ini tidak lain untuk menjaga situasi kondusif di Kabupaten Gianyar pada tahapan Pemilu serentak tahun 2024. “Dengan adanya pertemuan ini tentu kita memiliki tujuan dan komitmen yang sama dalam mensukseskan Pemilu tahun 2024, yang implementasinya ada dalam satu wadah bernama Sentra Gakkumdu, dengan kolaborasi tersebut  diharapkan wilayah Kabupaten Gianyar tetap kondusif dalam pelaksanaan Pemilu serentak,” tegas wanita asal Tabanan tersebut. *nvi

Komentar