nusabali

Istana Balon, Serunya Anak-Anak Bermain di PKB 2022

  • www.nusabali.com-istana-balon-serunya-anak-anak-bermain-di-pkb-2022

DENPASAR, NusaBali.com – Teriakan keriangan anak-anak dapat didengar dari kejauhan saat mengunjungi Pesta Kesenian Bali (PKB) XLIV di bagian utara Gedung Ksirarnawa. Warna-warni balon berbentuk rumah dapat dilihat ujungnya dari kejauhan.

Wahana yang terletak di sudut timur laut area ‘pasar malam’ itu merupakan wahana bermain favorit anak-anak.

“Memang kegiatan untuk anak-anak ke sini, sekalian cuci mata,” kata Kadek Asih diikuti gelak tawa sembari menemani dua buah hatinya bermain di wahana balon dari kelompok Komala Istana Balon asal Serangan, Denpasar itu, Kamis (30/6/2022) siang. 

Wanita asal Karangasem itu mengaku dua anaknya yang berusia 13 dan 15 tahun itu sudah pernah bermain wahana tersebut di tempat lain. “Ke sini karena diajak ipar saya,” tambah Asih.

Senada dengan iparnya, Dwi Candra mengaku kangen dengan suasana PKB setelah jeda dua tahun. “Di Karangasem kan tidak ada PKB, jadi saya ajak ke sini, dulu sebelum pandemi, sering saya ajak ke sini, kita sering bareng-bareng,” tutur wanita yang menetap di lingkungan Sekar Sari, Denpasar itu sembari duduk santai menunggu buah hatinya yang berusia 3,5 tahun selesai bermain, Kamis siang.

Tidak lama berselang, sepasang kakak beradik datang menemani adik bungsunya bermain ke wahana itu. “Ke sini menemani adik, dia tadi maksa-maksa ke sini, ibu saya sedang jaga,” kata Ketut Restu yang baru berusia 12 tahun, Kamis siang.

Menurut Made Ratna, pemilik wahana, kelompoknya sudah berkeliling sejak 2010 dan sering mengisi acara sejenis PKB di beberapa wilayah seperti Denpasar, Gianyar, Tabanan, dan beberapa tempat lain. “Sudah dari 2010, di pameran-pameran di Denpasar, ulang tahun Kota Gianyar di Lapangan Astina, ulang tahun Kota Tabanan di Gedung Mario, kalau ada yang menyewakan juga bisa seperti di acara Honda dan Yamaha,” jelas Ratna saat menunggu loket masuk.

Wahana berukuran 5 x 8 meter itu beroperasi mulai pukul 10.30 Wita pada hari biasa dan 09.30 Wita pada akhir pekan. Menurut wanita berusia 47 tahun itu, yang bisa bermain tidak berdasarkan usia tetapi berat badan. “Yang saya lihat berat badannya, kan ada anak usianya kecil tetapi badannya besar, maksimal sekitar 30 kilogram,” ungkap Ratna. 

Ratna mengaku senang melihat anak-anak bermain namun ia juga menyayangkan orangtua yang tidak memerhatikan petunjuk yang diberikan. “Orangtua itu sering tinggalkan anaknya padahal sudah diberi tahu, nanti anaknya bisa nangis, kalau tidak nangis ya tidak apa-apa, saya kasih lagi bermain,” tutup Ratna.

Wahana ini beroperasi dengan 2 orang penjaga dewasa untuk menghindari terjadinya cedera pada anak-anak. Satu kali permainan berdurasi 10 menit dengan kuota maksimal 30 sampai 40 anak. Setiap anak dikenakan Rp 10.000 untuk sekali bermain. Sejak beroperasi pada 12 Juni lalu, Komala Istana Balon pernah menghasilkan omzet sebesar Rp 5 juta pada saat paling ramai. *rat

Komentar