nusabali

Lomba Cipta Lagu Cagar Budaya Umumkan Pemenang

  • www.nusabali.com-lomba-cipta-lagu-cagar-budaya-umumkan-pemenang

SINGARAJA, NusaBali
Sebanyak tiga band berhak sebagai pemenang dalam gelaran lomba cipta lagu cagar budaya yang digagas oleh Pemerintah Kabupaten Buleleng melalui Dinas Kebudayaan.

Sebelumnya, 10 band yang lolos dalam seleksi karya, unjuk gigi menampilkan seni musik di RTH Bung Karno, Kelurahan/Kecamatan Sukasada, Buleleng, Rabu (29/6) malam.

Perwakilan juri lomba, Gede Kurniawan membeberkan, band yang keluar sebagai juara dalam ajang ini yakni band Hikari, Chandra Gurnita, dan Margarani. Kemudian juara favorit berhasil diraih Kedung AW. Adapun enam band lain yang ikut memeriahkan lomba ini, di antaranya Chemistry, Rika Permana, Purbangkara Ethnic, The Error Project, Asha Band, dan Descisive.

Kata Gede Kurniawan, seleksi karya dari peserta ini sudah diterima sejak seminggu sebelumnya berupa video hasil karya yang dipentaskan secara langsung. "Kami ingin lihat pertanggungjawaban langsung atas video yang mereka kirimkan. Agar sesuai dan tidak terlalu jauh dari video yang mereka kirimkan," jelasnya.

Pendiri label rekaman Demores Rumah Musik yang juga aktif bermusik ini menyebutkan, yang menjadi poin penilaian band dengan melakukan pertunjukan langsung yakni vokal, musikalitas dan penampilan. "Itu poin pentingnya untuk penilaian, dan tetap yang paling utama dinilai adalah karya ciptanya," imbuh Gede Kurniawan.

Sementara itu, Wakil Bupati Buleleng, I Nyoman Sutjidra dalam sambutannya menyampaikan, ajang kreativitas seni musik generasi muda yang dibalut dalam konsep cagar budaya ini dapat menjadi daya tarik tersendiri dalam mengenalkan tradisi warisan sejarah. "Lomba cipta lagu cagar budaya juga diharapkan bisa melestarikan warisan seni dan kebudayaan khususnya di Buleleng," katanya.

Kepala Dinas Kebudayaan Buleleng, I Nyoman Wisandika menambahkan, lomba cipta lagu digelar untuk mendekatkan generasi muda dengan upaya pelestarian budaya. "Dalam memperingati Bulan Bung Karno, kami menyelenggarakan lomba ini. Tujuannya untuk menjaga, mengenali, melestarikan serta mengembangkan seni budaya kita dalam konsep seni cagar budaya," terangnya.

Kadis Wisandika menjelaskan, sebanyak 10 grup band yang sebelumnya sudah lolos seleksi tampil di hadapan dewan juri. Kemudian pemenang dari lomba ini akan diberikan apresiasi pada acara penutupan Bulan Bung Karno bersama pemenang lomba dari kegiatan sebelumnya pada Kamis (30/6) malam. Mereka juga berhak mendapat uang pembinaan dan kesempatan merekam lagunya. *mz

Komentar