nusabali

Atlet Difabel SLBN 2 Singaraja Dilepas Ikut Seleksi Pesonas

  • www.nusabali.com-atlet-difabel-slbn-2-singaraja-dilepas-ikut-seleksi-pesonas

SINGARAJA, NusaBali
Sebanyak delapan atlet difabel dilepas mengikuti Pekan Special Olympic Nasional (Pesonas), pada Kamis (30/6) pagi.

Mereka adalah siswa SMP dan SMA Sekolah Luar Biasa Negeri (SLBN) 2 Buleleng dan akan bergabung 17 atlet difabel lainnya asal daerah Bali untuk mengikuti seleksi di Semarang pada 4-9 Juli . Atlet yang lolos seleksi akan mewakili Indonesia ke ajang internasional.

Kepala SLBN 2 Buleleng Eksi Murniati mengatakan delapan siswanya akan dampingi guru pendamping dan pelatih. Menurutnya, pembinaan prestasi bidang olahraga pada anak-anak berkebutuhan khusus ini rutin dilakukan sekolah. Pelajar SLBN 2 Singaraja sebagian besar dalam kondisi tuna grahita.

“Pembinaan dan pelatihan anak didik kami intens dilakukan. Bahkan pengenalan kemampuan dan minat diidentifikasi sejak awal bersekolah disini. Kami meyakini mereka juga berhak dan berprestasi,” ucap Eksi Murniati.

Dari delapan siswa yang diberangkatkan lima diantaranya dari atletik, dua dari bulutangkis dan satu atlet renang. Baik Eksi Murniati dan pengajar SLBN 2 Buleleng berharap siswanya dapat terpilih ke ajang internasional sepeti tahun 2018 , dan meraih satu emas dan satu perak.

Sementara guru pelatih dan pendamping siswa I Gusti Made Rai Adnyana dan Kadek Yudi Putra Atmaja mengatakan dalam pembibitan atlet, dilakukan seleksi saat jam olahraga. Siswa yang dinilai memiliki bentuk fisik dan stamina yang bagus, mereka akan ditawari untuk ikut latihan tambahan kelas olahraga.

“Kami menerapkan sistem pengulangan, setiap hari diulang dan diulang teknik latihan. Sebab mereka yang mengalami kendala keterbatasan IQ ini, sering lupa dan lambat pemahaman. Cara menyampaikannya pun harus sederhana agar mudah dipahami,” kata Yudi Putra. *k23

Komentar