nusabali

Pratisantana Kanuruhan Jalin Kemitraan Bidang Peternakan

  • www.nusabali.com-pratisantana-kanuruhan-jalin-kemitraan-bidang-peternakan

SEMARAPURA, NusaBali
Koperasi Bina Usaha Kanuruhan bekerja sama dengan Yayasan Toya Nusa Abadi, menggelar sosialisasi program pemberdayaan ekonomi masyarakat.

Kegiatan ini melalui program kemitraan usaha peternakan ayam petelur dan penggemukan babi, di Wantilan Pura Penataran Ped, Desa Ped, Kecamatan Nusa Penida, Klungkung, Rabu (29/6).

Peserta kegiatan ini dari perwakilan pesemetonan Pratisantana Sira Arya Kanuruhan (PSAK) wilayah Kecamatan Nusa Penida. Sosialisasi diawali dengan melaksanakan persembahyangan bersama di Pura Penataran Ped, dan dilanjutkan dengan penandatanganan kesepekatan kerjasama antara Koperasi Bina Usaha dengan Yayasan Toya Nusa Abadi, dengan disaksikan oleh Wakil Bupati Klungkung I Made Kasta.

I Wayan Wiryawan selaku pengurus utama Koperasi Bina Usaha Kanuruhan menyampaikan bahwa program kemitraan ini bertujuan untuk mengembangkan UMKM di pedesaan, pemberdayaan ekonomi dan meningkatkan taraf hidup, kesehatan, dan kesejahteraan masyarakat dari sektor non pariwisata. Melalui koperasi ini masyarakat selaku anggota koperasi yang memiliki perternakan, akan disuplai sarana produksi ternak baik bibit, pakan, obat, beserta pendampingan secara teknis cara beternak yang baik oleh koperasi, dan hasil produksi ternak akan dibeli dan dipasarkan oleh koperasi. “Masyarakat yang menjadi peternak adalah anggota koperasi, sehingga hasil usaha koperasi dari masyarakat dan untuk masyarakat,” ujar Wiryawan.

Wabup Kasta sangat mengapresiasi program pemberdayaan ekonomi masyarakat ini. Jika sinkron antara hulu dan hilir maka apapun usahanya akan berhasil, untuk pengolahan dan pemasarannya juga diseleraskan agar penjualan suatu produk mendapatkan keuntungan, tidak hanya berhenti di satu tahap saja. “Terimakasih Koperasi Bina Usaha Kanuruhan sudah membawa program yang baik ini, semoga semeton-semeton di sini dapat bekerja sama dengan baik dalam mewujudkan program pemberdayaan ini," ujar Wabup Kasta. *wan

Komentar