nusabali

Desa Adat Sanur Juara Lomba Sipandu Beradat

  • www.nusabali.com-desa-adat-sanur-juara-lomba-sipandu-beradat
  • www.nusabali.com-desa-adat-sanur-juara-lomba-sipandu-beradat

DENPASAR, NusaBali
Untuk memeriahkan HUT Bhayangkara ke 76, Polresta Denpasar menggelar berbagai lomba.

Setelah sebelumnya gelar lomba karya jurnalistik melibatkan puluhan wartawan dan lomba lomba utsawa dharma gita Kapolresta Denpasar Cup 2022 dengan kategori peserta umur 6-1, kini gelar lomba melibatkan Sistem Pengamanan Berbasis Desa Adat (Sipandu Beradat).

Anggota Sipandu Beradat yang berada di setiap Polsek mengikuti lomba dengan tiga kriteria. Pertama aspek posko, meliputi struktur organisasi, perlengkapan posko (berupa buku mutasi, jadwal kegiatan, hasil kegiatan, tongkat, borgol, dan alat komunikasi). Kedua, aspek administrasi meliputi surat keputusan bendesa, data personil (yang terdiri dari Pecalang, Linmas, Bakamda, dan format problem solving). Ketiga, aspek kemampuan simulasi penyelesaian masalah dan ketrampilan mediasi.

Kapolresta Denpasar AKBP Bambang Yugo Pamungkas dalam keterangan persnya, Rabu (29/6) mengatakan lomba ini diikuti oleh semua desa adat di wilayah hukum Polresta Denpasar. Penilaian pertama dilakukan setiap Polsek. Setiap Polsek mengirimkan masing-masing perwakilannya untuk dinilai oleh Polresta Denpasar, 21 sampai 24 Juni.

"Hari ini (kemarin) kami bagikan hadiah bagi pemenang melalui perwakilan atau Bendesa Adat peserta lomba dari seluruh wilayah Kota Denpasar. Juara 1 dimenangkan Desa Adat Sanur, Juara 2 diraih Desa Adat Ungasan, Kuta Selatan, dan Juara 3 Desa Adat Denpasar. Pembagian hadiah dilakukan seusai apel bagi yang diikuti oleh para pejabat utama serta personel Polresta," ungkap AKBP Bambang.

Kapolresta mengatakan, banyak kegiatan yang digelar menjelang HUT Bhayangkara tahun ini termasuk lomba diharapkan dapat menjadi role model. "Keberadaan Sipandu Beradat menjadi salah satu komponen yang dibanggakan Polda Bali setelah diresmikan Kapolri beberapa waktu lalu," ungkap perwira melati dua di pundak ini.  

Kapolresta menambahkan, setelah Sipandu Beradat diresmikan Kapolri 26 Januari 2022 diharapkan dapat berelaborasi bersama semua komponen, menjadi Kamtibmas wilayah, terlebih dalam mencegah keberadaan dan pertumbuhan Ormas yang dapat menganggu keamanan. Seperti yang tertuang dalam Commeder Wish Kapolda Bali tahun 2022, point 4 yaitu penguatan Polda Bali dengan unsur kearifan lokal seperti Sipandu Beradat dan Bankamda sebagai Mitra Polri bersama stakeholder mewujudkan kamtibmas yang kondusif. *pol

Komentar