nusabali

Penyaluran BLT Dana Desa Semester I Tanpa Kendala

  • www.nusabali.com-penyaluran-blt-dana-desa-semester-i-tanpa-kendala
  • www.nusabali.com-penyaluran-blt-dana-desa-semester-i-tanpa-kendala

Perbekel Desa Peringsari I Wayan Bawa mengakui pada awal tahun BLT kurang lancar.

AMLAPURA, NusaBali

Penyaluran BLT (bantuan langsung tunai) dana desa hingga semester I Januari-Juni 2022 tanpa kendala. Jumlah warga yang dapat bantuan tidak ada perubahan. Masing-masing penerima BLT mendapatkan dana Rp 300.000 yang ditransfer langsung ke rekening.

Perbekel Desa Tegallinggah, Kecamatan Karangasem, I Gede Sudiarsa, menyalurkan BLT kepada 97 KK yang tersebar di Banjar Nyuling, Banjar Tegallinggah, Banjar Bale Punduk Kaler, Banjar Karangcermen, dan Banjar Bale Punduk Kelod. BLT yang bersumber dari dana desa hampir sepenuhnya dialokasikan untuk BLT sehingga nihil untuk biaya pembangunan fisik. “Tahun ini kami nihil pembangunan fisik, tidak ada PKTD (padat karya tunai desa). Aturan pemerintah minimal 40 persen dana desa untuk BLT,” jelas Sudiarsa, Selasa (28/6).

Perbekel Desa Muncan, Kecamatan Selat, I Wayan Tunas, menyalurkan BLT dari Januari hingga Juni 2022 untuk 186 KK. Penerima BLT tersebar di 13 banjar dinas. “Anggaran BLT hingga Desember 2022,” jelas Wayan Tunas. Perbekel Desa Duda Utara I Wayan Suarman mengalokasikan BLT untuk 162 KK yang tersebar di enam banjar dinas. Sedangkan BLT di Desa Amerta Bhuana, Kecamatan Selat untuk 95 KK.

Sementara Perbekel Desa Peringsari, I Wayan Bawa mengakui awal-awal tahun BLT kurang lancar. Penyaluran BLT melalui BUMDes. Penerima BLT sebanyak 140 KK. “Jika penerima tidak bisa datang karena lansia dan tidak kuat secara fisik, maka dibawakan petugas ke rumah-masing-masing,” jelas Wayan Bawa. *k16

Komentar