nusabali

Muncul Permintaan Car Free Day

Dishub Tunggu Keputusan Satgas

  • www.nusabali.com-muncul-permintaan-car-free-day

SINGARAJA, NusaBali
Dengan melandainya kasus Covid-19 di Buleleng, muncul permintaan dari masyarakat agar hari bebas kendaraan atau car free day kembali digelar di sepanjang Jalan Ngurah Rai atau di areal Taman Kota Singaraja, Buleleng.

aKegiatan car free day tersebut telah lama ditutup, sejak 2020 lalu saat kasus Covid-19 sedang tinggi. Kepala Dinas Perhubungan Buleleng, Gede Gunawan menyebutkan, terkait dibukanya car free day kembali, pihaknya masih menunggu izin resmi Satgas Penanganan Covid-19 Buleleng. Pihaknya pun mengaku menerima banyak permintaan dari masyarakat agar car free day kembali digelar. Jika Satgas mengeluarkan edaran, car free day pun siap digelar kembali.

"Secara teknis car free day memang menjadi tanggung jawab Dinas Perhubungan. Bupati juga telah memberikan sinyal hijau. Namun kami masih menunggu  izin resmi dari Satgas. Mungkin Satgas masih harus memenuhi beberapa regulasi. Seperti melihat sekarang PPKM level berapa, apa yang harus dilihat, supaya tidak salah," jelasnya, Selasa (28/6).

Sementara itu, salah satu warga Kota Singaraja, Arta Sujana, 28, berharap agar car free day segera dibuka. Kata dia, kegiatan car free day banyak dimanfaatkan warga untuk berolahraga serta rekreasi akhir pekan. "Bahkan momen car free day ini juga bisa menjadi ajang UKM atau pedagang kaki lima berjualan," ucapnya.

Car free day diharapkan segera digelar mengingat kasus Covid-19 di Buleleng telah melandai, dan aktivitas masyarakat kini tidak lagi dibatasi. Bahkan sejumlah kegiatan berskala besar seperti gelaran seni di Ruang Terbuka Hijau (RTH) Taman Bung Karno juga kerap digelar. "Sudah tidak ada pembatasan aktivitas masyarakat, apalagi di ruang terbuka," kata dia. *mz

Komentar