nusabali

Lomba Fragmen Tari Meriahkan Perayaan Bulan Bung Karno

  • www.nusabali.com-lomba-fragmen-tari-meriahkan-perayaan-bulan-bung-karno
  • www.nusabali.com-lomba-fragmen-tari-meriahkan-perayaan-bulan-bung-karno

SINGARAJA, NusaBali
Sebanyak 5 SMA/SMK di Buleleng unjuk kebolehan dalam lomba fragmen tari di Ruang Terbuka Hijau (RTH) Taman Bung Karno, Senin (27/6) sampai Selasa (28/6) malam kemarin.

Ajang kreatifitas seni dan budaya ini dilangsungkan serangkaian Bulan Bung Karno. Kepala Dinas Kebudayaan Kabupaten Buleleng I Nyoman Wisandika mengatakan, lomba fragmen tari dipilih sebagai upaya menumbuhkan kreativitas seni generasi muda. Mereka diberikan kebebasan untuk membawakan fragmen tari yang menceritakan kisah kepemimpinan dan perjuangan ibu Soekarno, Nyoman Rai Srimben.

“Fragmen tari ini sebagai wujud pelestarian seni budaya Bali di Buleleng. Melalui pertunjukan seni ini juga sebagai ajang membangkitkan nasionalisme generasi muda dengan peringatan Bulan Bung Karno,” kata Wisandika.

Dinas Kebudayaan pun menyanggupi akan membawa kegiatan ajang kreativitas seni pelajar ini menjadi agenda tahunan. Dia pun berharap tahun depan ada lebih banyak peserta yang berpartisipasi.

Sementara itu lima peserta yang mengikuti lomba fragmen tari meliputi  SMAN 2 Banjar, SMAN 1 Sukasada dan SMAN 3 Singaraja, SMAN 4 Singaraja dan SMAN 1 Singaraja.

Koordinator fragmen tari dari SMAN 2 Banjar,  Gede Adi Setiawan mengatakan, lomba fragmen tari ini adalah kali pertama yang kelompoknya ikuti. Menurutnya lomba ini sangat bergengsi, dan sangat bagus untuk pengembangan bakat siswa.

Untuk dapat tampil, guru seni budaya dan prakarya ini telah menyiapkan waktu untuk melatih siswanya selama sebulan penuh. SMAN 2 Banjar pun membawakan fragmen tari bertema Perang Banjar. Cerita tentang spirit dari kekuatan pasukan Banjar  dan  pusaka keris Ki Lebah Pangkung.

Dia berharap acara seperti ini agar bisa dilakukan secara berkelanjutan dengan tetap berdasarkan tradisi kebudayaan Buleleng. “Harapan kami terus diadakan secara berkelanjutan ini bagus untuk pelestarian dan pembentukan karakter pada generasi muda,” ucap  Adi Setiawan. *k23

Komentar