nusabali

Calon Siswa Baru Kebanyakan Pilih Jurusan Agribinis Tanaman

PPDB SMK Aska Bali Mandala

  • www.nusabali.com-calon-siswa-baru-kebanyakan-pilih-jurusan-agribinis-tanaman

BANGLI, NusaBali
SMK Aska Bali Mandala di Banjar Penaga, Desa Yangapi, Kecamatan Tembuku, Bangli membuka pendaftaran peserta didik baru (PPDB) tahun ajaran 2022/2023 sejak Februari lalu.

Saat ini sudah 73 calon siswa baru yang mendaftar. Terbanyak memilih jurusan Agribisnis Tanaman. SMK Aska Bali Mandala juga punya jurusan Pariwisata dan Keperawatan.

Kasek SMK Aska Bali Mandala, I Wayan Agus Purna mengatakan, PPDB dimulai bulan Februari, sesuai rencana pendaftaran ditutup akhir bulan Juni. Sudah 73 calon siswa baru yang mendaftar, kebanyakan dari Kintamani. “Sejak didirikan tahun 2021, kami telah mendidik 100 siswa angkatan pertama,” ungkap Agus Purna, Senin (27/6). Sebagian besar siswa yang mendaftar di SMK Aska Bali Mandala punya cita-cita bekerja di Jepang.

Agus Purna menjelaskan, siswa SMK Aska Bali Mandala mendapat pelajaran bahasa Jepang. “Setelah lulus siswa diikutkan sertifikasi bahasa Jepang untuk mendapatkan sertifikat N4. Setelah mendapatkan sertifikat, kami bersama Yayasan Adhimukti Sastra Kawiswara Acarya memfasilitasi siswa mencarikan perusahaan untuk bekerja di Jepang,” beber Agus Purna. Menurutnya, sertifikat N4 wajib dimiliki siswa jurusan Keperawatan untuk bekerja di Jepang. Sementara siswa jurusan Agribisnis Tanaman, Perhotelan, dan Pariwisata, seandainya belum lolos sertifikasi tetap bisa bekerja di Jepang. “Bagi yang tidak memiliki sertifikat N4, mereka berstatus magang,” jelas Agus Purna. *esa

Komentar