nusabali

Bupati Suwirta Pastikan Semua Siswa Dapat Sekolah

  • www.nusabali.com-bupati-suwirta-pastikan-semua-siswa-dapat-sekolah

Daya tampung SMP sebanyak 3.264 siswa, sementara lulusan SD 2.820 siswa.

SEMARAPURA, NusaBali

Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta bersama Kadis Pendidikan Kepemudaan dan Olahraga (Disdikpora) Klungkung I Ketut Sujana meninjau perkembangan penerimaan peserta didik baru (PPDB) tahun ajaran 2022/2023, Senin (27/6) pagi. Bupati Suwirta mendatangi SMPN 1 Banjarangkan, SMPN 2 Banjarangkan, dan SMPN 1 Semarapura. Bupati Suwirta memastikan semua siswa yang mendaftar diterima. Semua siswa dapat sekolah.

SMPN 1 Banjarangkan menerima 200 calon siswa baru, SMPN 2 Banjarangkan menerima 144 calon siswa baru, dan SMPN 1 Semarapura menerima 386 calon siswa baru. Sekolah di wilayah perbatasan juga menerima siswa dari luar kabupaten. Namun tetap memprioritaskan siswa dari dalam kebupaten. Bupati Suwirta dalam kunjungannya ingin memastikan semua siswa yang mendaftar diterima. “Kami pastikan semua siswa dapat sekolah,” tegas Bupati Suwirta.

Bupati Suwirta juga berpesan kepada pengelola sekolah di perdesaan untuk menjalin komunikasi yang baik dengan perbekel dan bendesa adat. Harapannya, para perbekel dan bendesa adat ikut mempromosikan sekolah. “Tahun ini mengalami penurunan jumlah siswa SD maupun SMP,” ujar Bupati Suwitra. Sementara Kadisdikpora Klungkung I Ketut Sujana menjelaskan, pendaftaran pada PPDB masih dengan sistem online. PPDB hampir sama dari tahun sebelumnya. Jalur zonasi 80 persen, jalur afirmasi (kurang mampu) 15 persen, dan jalur perpindahan tugas orang tua/wali 5 persen, serta jalur prestasi 5 persen untuk sekolah yang memiliki kelas khusus prestasi olahraga.

SMP N 1 Semarapura, SMPN 1 Dawan, SMPN 1 Banjarangkan, dan SMPN 1 Nusa Penida merupakan sekolah yang punya kelas khusus prestasi olahraga. Berdasarkan data Disdikpora Klungkung, tahun ini untuk tingkat TK sebanyak 3.000 anak yang lulus. Jenjang SD memiliki daya tampung 4.116 siswa. Siswa SD yang lulus sebanyak 2.820 siswa. Sementara jenjang SMP memiliki daya tampung 3.264 siswa. “Kami memastikan semua siswa di Klungkung diterima di sekolah negeri karena daya tampung sekolah melebihi jumlah lulusan,” kata Sujana.

PPDB TK dimulai pada tanggal 14 Juni-15 Juli 2022 dan jenjang SD pendaftaran dimulai tanggal 21-25 Juni. PPDB tingkat SMP melalui jalur zonasi, afirmasi, dan tugas orang tua dilaksanakan dari tanggal 21-25 Juni, pendaftaran jalur prestasi 1-2 Juli, dan kelas olahraga dimulai 14-15 Juli. Pendaftaran dilakukan secara online melalui Website: https://ppdbklungkung.com.

KasekSMPN 1 Banjarangkan, I Nengah Suradnya, mengatakan sekolah di perbatasan Klungkung-Gianyar ini menerima 4 orang siswa dari luar kabupaten. Mekanisme pelamar mencari surat pindah rayon dari kabupaten asal menuju Klungkung dilengkapi dengan surat domisili di wilayah zona SMPN 1 Banjarangkan. “Dokumen dibawa ke Disdikpora Klungkung untuk diinput oleh operator PPDB dinas,” jelas Suradnya. *wan

Komentar