nusabali

Masyarakat Diminta Angkat Keunggulan Daerahnya

  • www.nusabali.com-masyarakat-diminta-angkat-keunggulan-daerahnya

JAKARTA, NusaBali
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno mengajak masyarakat untuk mengangkat keunggulan daerah masing-masing untuk mendukung pengembangan desa wisata.

“Masyarakat harus betul-betul sadar wisata dan kesadaran ini akan menjadi bagian dari kekuatan ekosistem pariwisata dan ekonomi kreatif,” ujar dia di Desa Senteluk, Kabupaten Lombok Barat, Nusa Tenggara Barat (NTB), lewat keterangan resmi di Jakarta, seperti dilansir Antara, Minggu (26/6).

Kegiatan yang bertajuk Sosialisasi Sadar Wisata itu juga dilakukan di empat desa lainnya, yaitu Desa Pusuk Lestari di Kabupaten Lombok Barat, Desa Gili Indah, Desa Medana, dan Desa Jerowaru di Kabupaten Lombok Utara.

Sosialisasi tersebut diikuti kelompok masyarakat dan pelaku pariwisata yang bertujuan meningkatkan kapasitas sumber daya manusia dalam pelayanan di desa wisata.

Selain memahami potensi yang ada, sebutnya, masyarakat harus paham nilai-nilai penting yang terkandung dalam Sapta Pesona yakni keamanan, ketertiban, kebersihan, kesejukan, keindahan, keramahan, dan kenangan.

Aktualisasi nilai-nilai Sapta Pesona menjadi bagian dari perilaku sehari-hari dalam melayani wisatawan sehingga menjadi pendukung tumbuhnya iklim kepariwisataan dan menjiwai nilai kearifan budaya lokal.

Pemahaman sadar wisata diharapkan dapat membangun pola pikir masyarakat agar menjadi pemeran aktif dalam pengembangan pariwisata di daerahnya.

"Kebersihan dan keramahtamahan adalah dua hal yang sangat penting (untuk dijaga),” katanya. Sandiaga mengharapkan “Sosialisasi Sadar Wisata” menjadi bukti konkret kehadiran pemerintah dalam upaya meningkatkan perekonomian masyarakat, momentum pembukaan lapangan kerja seluas-luasnya, serta membangkitkan kesadaran masyarakat terhadap potensi wisata di daerahnya.

Terlebih, ada sejumlah event besar yang dilaksanakan di Nusa Tenggara Barat seperti MotoGP Mandalika, Pesona Senggigi, dan Motor Cross Grand Prix (MXGP) Samota, Sumbawa.

"Warga di sini harus betul-betul sadar wisata, harus betul-betul menjadi bagian dari kekuatan ekosistem pariwisata dan ekonomi kreatif. Nantinya, investor akan datang dengan sendirinya untuk membangun homestay bersama warga, membangun produk-produk ekonomi kreatif dan dengan sendirinya kunjungan wisatawan akan meningkat," ungkap Sandiaga. *

Komentar