nusabali

PDIP Target 2 Kursi di Kecamatan Manggis

Kubu Golkar Janji Beri Perlawanan Sengit

  • www.nusabali.com-pdip-target-2-kursi-di-kecamatan-manggis

AMLAPURA, NusaBali
PAC (Pengurus Anak Cabang) PDI Perjuangan Kecamatan Manggis  target 2 kursi DPRD Karangasem di dapil Kecamatan Manggis pada Pileg 2024.

Sementara kubu Partai Golkar menyebut, target PDIP itu tidak mudah, karena Golkar akan memberikan perlawanan sengit untuk di Kecamatan Manggis.  Ketua PAC PDIP Manggis I Wayan Sunarta dihubungi NusaBali di Amlapura, Karangasem, Minggu (26/6) mengatakan membidik 2 kursi dewan alias naik 1 kursi dari perolehan pada Pileg 2019 lalu di Kecamatan Manggis. Pada Pileg 2024 mendatang, sebanyak 5 kursi akan diperebutkan di Kecamatan Manggis. Sementara total kursi yang tersedia di Kabupaten Karangasem sebanyak 45 kursi. "Minimal kami rebut 2 kursi dari 5 kursi yang diperebutkan di Daerah Pemilihan Karangasem III Kecamatan Manggis," tegas Sunarta.

Sunarta yang akan maju sebagai caleg incumbent di Pileg 2024 mendatang mengatakan wajib hukumnya mempertahankan kursi dewan di dapil Manggis. Sementara, tambahan 1 kursi sebagai target partai diprediksi akan diperoleh oleh caleg lain. Kata dia, PAC PDIP Manggis memasang kader andalan I Made Ruspita, politisi asal Desa Ulakan, Manggis sekaligus Bendahara DPC PDIP Karangasem sebagai Caleg DPRD Karangasem untuk Pemilu 2024 nanti. “Saya sebagai incumbent sudah pasti akan mempertahankan 1 kursi, sementara tambahan lainnya untuk memenuhi target akan diwujudkan saudara Made Ruspita,” ujar Ketua Komisi III DPRD Karangasem ini.  

Kata Sunarta, dengan elektabilitas PDIP yang sangat tinggi saat ini, tidak susah mewujudkan target tersebut di Kecamatan Manggis. “Bisa-bisa 3 kursi kita dapat. Kan elektabilitas partai meningkat,” sesumbar politisi asal Desa Sengkidu, Kecamatan Manggis yang berambisi memenangkan kursi DPRD Karangasem di periode kelima ini.

Sesumbar Sunarta ditanggapi Ketua PK Golkar Kecamatan Manggis I Nyoman Sumadi. Sumadi mengatakan untuk perebutan kursi dewan di Kecamatan Manggis tidak akan bergeser dari perolehan sebelumnya (Pileg 2019). Karena Golkar akan memberikan perlawanan maksimal. “Tidak segampang itu akan merebut kursi di Kecamatan Manggis. Golkar telah mematok 2 kursi, sekaligus mempertahankan perolehan hasil Pemilu 2019. Walau PDIP tengah berkuasa, tidak jaminan menambah kursi di Kecamatan Manggis," jelas Sumadi.

Hasil Pileg 2019,  untuk di Kecamatan Manggis sebanyak 5 kursi dibagi habis antara PDIP (1 kursi), Golkar (2 kursi), Demokrat (1 kursi) dan NasDem (1 kursi). PDIP memperoleh 1 kursi yang direbut Sunarta, dengan meraih 4.553 suara alias perolehan suara caleg tertinggi di Kecamatan Manggis. Golkar meloloskan 2 kadernya Sumadi dengan perolehan 4.453 suara dan  I Wayan Tama  meraih sebanyak 3.516 suara. Demokrat meloloskan I Gede Agung Puspada dengan meraih 2.398 suara dan NasDem meloloskan Putu Suarjana yang meraih sebanyak 1.719 suara. *k16

Komentar