nusabali

Loka Sabha Pangeran Tangkas Kori Agung Klungkung: Minimalisir Perbedaan, Tingkatkan Kualitas Pasemetonan

  • www.nusabali.com-loka-sabha-pangeran-tangkas-kori-agung-klungkung-minimalisir-perbedaan-tingkatkan-kualitas-pasemetonan
  • www.nusabali.com-loka-sabha-pangeran-tangkas-kori-agung-klungkung-minimalisir-perbedaan-tingkatkan-kualitas-pasemetonan

SEMARAPURA, NusaBali.com -   Loka Shaba Pangeran Tangkas Kori Agung Kabupaten Klungkung digelar di Wantilan Pura Pusat Kawitan Pangeran Tangkas Kori Agung, Desa Tangkas, Kabupaten Klungkung, Minggu (26/6/2022).

Ketua Umum Pengurus Pusat Pangeran Tangkas Kori Agung Kabupaten Klungkung, I Made Mahayastra,  menyatakan kegiatan Loka Shaba yang baru diadakan pertama kali ini adalah Loka Shaba paling berkesan.   “Dalam sejarah Loka Shaba, ini kali pertama saya merasakan acara yang paling meriah dan terlihat jelas luar biasa semangat kegotongroyongannya,” ujar Mahayastra yang juga Bupati Kabupaten Gianyar ini.

FOTO:  Bupati Gianyar I Made Agus Mahayastra (tengah) .-RIKHA

Semangat itu ditunjukkan Mahayastra dengan bertolak dari Nusa Penida pada pukul 06.00 Wita ke arena Loka Sabha.  Tokoh-tokoh panglingsir pun menyempatkan menghadiri Loka Shaba I dengan tema ‘Kekawitin Antuk Loka Shaba Ngiring Tincapang Lan Rumaketang Pasemetonan Tangkas kori Agung’ yang memiliki arti ‘Dimulai dari Loka Sabha  Mari Kita Tingkatkan Persatuan Kekeluargaan Persaudaraan Pratisentana Pangeran Tangkas Kori Agung.’

“Tujuan utama Loka Sabha I ini tidak lain untuk mempertemukan dan mempersatukan sameton Tangkas Kori Agung agar nantinya semakin dekat dan rekat,” tambah Mahayastra.

Tidak hanya dihadiri oleh Ketua  Umum Pengurus Pusat Pangeran Tangkas Kori Agung saja, Loka Sabha juga dihadiri Bupati  Klungkung I Nyoman Suwirta, Ketua DPRD Kabupaten Klungkung Anak Agung Gde Anom,  Panglisingsir Puri Agung Klungkung, dan undangan terkait lainnya.

Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta dalam sambutannya mengharapkan Loka Shaba I  bisa  meningkatkan kualitas pasametonan. “Perlu diadakan pendataan mengenai jumlah sameton yang berpendidikan, yang kurang mampu, dan dalam kegiatannya tidak hanya fokus di pura saja namun juga bisa meminimalisir perbedaan,” papar Suwirta.

Pembukaan Loka Shaba I  ditandai dengan pemukulan gong dan pelepasan burung merpati, dilanjutkan dengan Pelantikan Pengurus Pangeran Tangkas Kori  Agung Kabupaten Klungkung di bawah kepemimpinan Nengah Dirga Yusa.


Nengah Dirga Yusa  terpilih selaku Koordinator sekaligus Ketua Pangeran Tangkas Kori Agung Kabupaten Klungkung 2022-2027 berdasarkan hasil musyawarah masing-masing kecamatan yang ada di Kabupaten Klungkung dan juga dadia,  22 Mei 2022.

Adapun kepengurusan berjumlah 43 orang. “Dari total keseluruhan itu sudah ada ketua dan masing-masing bidang yang tentunya sudah terwakili oleh seluruh kecamatan yang ada di Kabupaten Klungkung, baik itu Kecamatan Nusa Penida, Dawan, Banjarangkan, dan juga Klungkung,” ujar Nengah Dirga Yusa.

Sementara itu Panglingsir Pusat Pura Kawitan Pangeran Tangkas Puri Agung,  Guru Gede Mangku Rudi Suryantara, berharap Loka Shaba ke depannya menjadi pasemeton yang kukuh, kuat, dan bersatu padu. “Program selanjutnya bagaimana kita bisa menyerap aspirasi pasemeton untuk dihimpun dan akomodir sehingga nanti bisa lebih fokus meningkatkan kesejahteraan para sameton Tangkas Klungkung,” harap Mangku Rudi Suryantara. *ris

Komentar