nusabali

Dihantam Ombak Nusa Lembongan, 1 Nelayan Tewas Tenggelam

  • www.nusabali.com-dihantam-ombak-nusa-lembongan-1-nelayan-tewas-tenggelam

NUSA LEMBONGAN, NusaBali.com – Sebuah jukung (sampan) yang dinaiki dua nelayan dihantam ombak perairan Nusa Lembongan, Minggu (26/6/2022). Akibatnya satu nelayan tewas tenggelam, sedangkan satu lainnya selamat.

Dua  orang nelayan di atas jukung tersebut merupakan ayah dan anak. Korban meninggal dunia dalam kejadian ini I Kadek Turun, 55, nelayan asal Dusun Kaja, Desa Lembongan, Kecamatan  Nusa Penida. Sedangkan anaknya I Kadek Arsika, 24, selamat dalam peristiwa ini.

Berdasarkan keterangan dari sejumlah saksi, kejadian ini berawal ketika ayah dan anak itu pulang mencari ikan. Saat sampai di perairan sebelah selatan Devil Tears Nusa Lembongan, korban hendak menyeberang di antara Pulau Nusa Ceningan dan Nusa Lembongan menuju jembatan kuning.

“Namun pada saat korban hendak menyeberang, sekitar pukul 07.30 Wita, tiba-tiba ombak datang dari belakang dan menghantam sampan milik korban hingga tenggelam,” kata Kapolsek Nusa Penida, Kompol I Gede Redastra.

Sesaat setelah mendapatkan informasi dari saksi mata, nelayan setempat mencari Kadek Turun di seputaran sampan yang terbalik, namun nihil. Selanjutnya mereka hanya menarik sampan yang sudah terbalik itu untuk dibawa ke tepi. Tim dari Basarnas Unit Siaga SAR Nusa Penida juga menemukan jaring yang tersangkut. 

Selain pengerahan 1 unit RIB, 2 unit speedboat juga dikerahkan. Upaya penyelaman dimulai pukul 13.00 Wita, yang juga melibatkan pihak keluarga korban. "Setelah 30 menit berselang jenazahnya ditemukan pada kedalaman kurang lebih 4 - 5 meter, dan diangkat naik ke RIB Basarnas," terang Gede Darmada, Kepala Kantor Basarnas Bali. 

Koordinator Unit Siaga SAR Nusa Penida, Putu Cakra Negara, menyebutkan bahwa tim penyelam menemukan korban pada sorti ke dua. "Sekitar pukul 13.30 korban ditemukan di bawah laut," terangnya.

Tim SAR gabungan membawanya ke sebelah timur Jembatan Kuning Nusa Lembongan, dan oleh pihak keluarga langsung dibawa ke rumah duka. 

Tim SAR gabungan yang terlibat operasi SAR diantaranya Basarnas Unit Siaga SAR Nusa Penida, Pol Air Polres Klungkung, Polsek Sub sektor Nusa Lembongan, Babinsa Lembongan, Babinkamtibnas Nusa Lembongan, dan masyarakat setempat (tim freedive). *wan

Komentar