nusabali

Gubernur Koster Siapkan Bonus Peraih Medali Fornas-VI

196 Kontingen KORMI Bali Dilepas Menuju Fornas-VI Palembang

  • www.nusabali.com-gubernur-koster-siapkan-bonus-peraih-medali-fornas-vi

DENPASAR, NusaBali
Gubernur Bali, Wayan Koster secara resmi melepas keberangkatan Kontingen Komite Olahraga Rekreasi Masyarakat Indonesia (KORMI) Bali menuju Festival Olahraga Rekreasi Nasional (Fornas)-VI Palembang Tahun 2022 di Jayasabha Denpasar pada Sukra Umanis Langkir, Jumat (24/6).

Gubernur Koster didampingi Kadisdikpora Provinsi Bali KN Boy Jayawibawa dan Ketua Kontingen KORMI Bali Sudiro. Dalam sambutannya, Gubernur Koster menyampaikan atas nama pribadi dan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Bali mengucapkan selamat dan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada seluruh atlet/pegiat yang telah terpilih mewakili Provinsi Bali berjuang dalam Fornas-VI Palembang, Sumatera Selatan Tahun 2022.

“Saya yakin kontingen KORMI Bali yang berjumlah 196 orang dan terdiri dari 152 orang atlet/pegiat dan 44 orang pelatih/official sudah mempersiapkan diri dengan baik. Semangat juang yang tinggi adalah modal dasar yang paling penting untuk atlet/pegiat yang akan berlaga,” ucap Gubernur asal Desa Sembiran, Kecamatan Tejakula, Buleleng ini. Gubernur Bali jebolan ITB ini berharap kesiapan, optimisme, dan tekad yang bulat dari seluruh atlet/pegiat, pelatih dan official kontingen KORMI Bali dapat mewujudkan prestasi yang gemilang.

Setelah melalui persiapan yang cukup matang, sekaranglah saatnya menunjukan prestasi yang diharapkan untuk mengharumkan nama Provinsi Bali dalam Fornas-VI Palembang, Sumatera Selatan Tahun 2022. Gubernur Koster yang tercatat dalam sejarah menyelesaikan UU RI Nomor 3 Tahun 2005 tentang Sistem Keolahragaan Nasional ini lebih lanjut menyatakan, Fornas adalah penyelenggaraan kejuaraan olahraga nasional yang diselenggarakan oleh Pemerintah setiap 2 tahun sekali dan diikuti oleh seluruh Provinsi. “Maka kepada KORMI Bali sebagai pembina olahraga rekreasi di Bali, saya harapkan dapat memanfaatkan kesempatan ini untuk menunjukan secara nasional upaya pembinaan olahraga yang telah dilakukan dengan baik selama ini,” katanya.

Seperti diketahui pada penyelenggaraan Fornas-V Tahun 2019 di Kalimantan Timur, KORMI Bali berhasil menempati peringkat ke-8 dari 34 Provinsi dengan perolehan 10 medali (6 medali emas, 2 medali perak dan 2 medali perunggu). Disadari untuk mempertahankan prestasi tersebut cukup berat, karena setiap Provinsi peserta Fornas-VI Palembang 2022 sudah tentu akan berusaha mempersiapkan segala sesuatunya dengan maksimal untuk dapat meningkatkan prestasi, termasuk meningkatkan peringkat agar berada di atas.

FOTO: Gubernur Koster .-IST

“Namun saya yakin dengan semangat para atlet/pegiat, pelatih, serta dukungan seluruh masyarakat Bali, Kontingen KORMI Bali dapat mempertahankan dan meningkatkan prestasinya,” kata mantan Anggota DPR RI tiga periode dari Fraksi PDIP ini yang disambut tepuk tangan. Mengakhiri sambutannya, Gubernur Koster berpesan kepada para atlet/pegiat, pelatih dan official untuk senantiasa menjunjung tinggi semangat sportivitas olahraga sesuai dengan amanat UU Nomor 11 Tahun 2022 tentang Keolahragaan, yaitu menjadikan olahraga sebagai salah satu unsur pembangunan nasional dalam membentuk peningkatan kualitas hidup manusia Indonesia secara jasmaniah, rohaniah, dan sosial dalam mewujudkan masyarakat yang maju, adil, makmur, sejahtera, dan demokratis berdasarkan Pancasila dan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945.

“Olahraga dapat mencerminkan karakteristik individu, daerah, dan negara, jadi manfaatkan momen Fornas-VI Palembang 2022 ini untuk meraih prestasi yang tinggi, agar memberikan kebanggaan dan juga dapat mengharumkan Bali di kancah nasional. Saya juga berharap supaya menjaga nama baik daerah Bali, dengan menjunjung tinggi nilai-nilai sportivitas, kejujuran, serta bertingkah laku yang baik, dan sopan. Kepada seluruh tim kontingen Saya berharap agar senantiasa menjaga kesehatan, kekompakan, kebersamaan, serta saling bekerja sama dengan baik sesuai dengan tugas dan tanggung jawab masing- masing, sehingga dapat bertanding guna meraih prestasi terbaik di ajang FORNAS-VI Palembang 2022,” pesan Ketua DPD PDIP Bali ini. Tak hanya itu, Gubernur Koster juga siapkan bonus untuk atlet peraih medali emas sebesar Rp 25 juta, peraih medali perak Rp 15 juta, dan peraih medali perunggu Rp 10 juta.

Sementara Ketua Kontingen KORMI Bali, Sudiro melaporkan pada Fornas-VI tahun ini akan berlangsung 1–7 Juli 2022 dengan tempat perlombaan tersebar di 18 venue di Komplek Jakabaring Sport City Palembang, seperti Venue Panahan, OPI Mall Jakabaring, PTC Mall, Palembang Square, GOR Ranau, GOR Dempo, hingga di Lapangan VIP Perbakin. “Semoga dengan kekuatan kontingen yang kita miliki dan di tengah persaingan antar Induk Olahraga serta Kormida yang semakin ketat, kami dapat mewujudkan target akumulasi perolehan medali sebanyak 34 medali. Untuk itu, kami menghaturkan terimakasih atas perhatian dan dukungan dari Gubernur Bali, Bapak Wayan Koster,” pungkasnya. *nat

Komentar