nusabali

Ribuan Benih Ikan Ditebar di Danau Buyan

Dikembangkan Jadi Destinasi Wisata Karno

  • www.nusabali.com-ribuan-benih-ikan-ditebar-di-danau-buyan

SINGARAJA, NusaBali
Sejumlah upaya dilakukan untuk melestarikan dan mengembangkan Danau Buyan agar bisa menjadi destinasi wisata yang berpengaruh di Buleleng.

Salah dengan melakukan penebaran ribuan benih ikan, pada Jumat (24/6) di areal Danau Buyan, Desa Pancasari, Kecamatan Sukasada, Buleleng. Dalam kegiatan ini ada sebanyak 10.000 benih ikan nila ditebar di Danau Buyan. Penebaran ribuan benih ikan ini dilakukan untuk bisa menjaga kelestarian Danau Buyan, yang nantinya dapat memberikan manfaat untuk masyarakat yang ada di sekitaran danau.

Bupati Buleleng, Putu Agus Suradnyana mengatakan, sejatinya Pemkab Buleleng sudah mendesain Danau Buyan hingga ke daerah Dasong. Dalam desain tersebut direncanakan ada fasilitas rumah pohon. Sehingga, bisa memberikan kontribusi baik sebagai destinasi wisatawan maupun penyumbang Pendapatan Asli Daerah (PAD).

"Sudah didesain sedemikian rupa, agar menghasilkan PAD yang lebih maksimal ke depan. Cuma karena ada keterbatasan anggaran karena dihantam pandemi Covid-19, maka pengembangannya masih ditunda. Kalau desainnya sudah sangat komprehensif," kata Suradnyana.

Meskipun begitu, pengembangan juga dilakukan dengan melibatkan Desa Dinas dan Desa Adat yang bekerjasama dengan Pemkab Buleleng. Sementara dibangun dengan model pemanfaatan lahan untuk trek lari ringan dan tempat kemah. Pembangunan dilakukan memanfaatkan limbah proyek jalan baru Singaraja-Mengwitani.

Terkait pelestarian lingkungan di sekitar kawasan Danau Buyan, menurut Suradnyana, sosialisasi telah diberikan kepada masyarakat agar tidak membuat jaring di areal danau, termasuk tidak membuat keramba. Hal ini untuk mencegah pendangkalan terjadi di Danau Buyan.

Selain itu, juga bersinergi dengan Balai Wilayah Sungai (BWS) Bali Penida untuk menghilangkan gulma yang ada. "Ke depannya kerjasama dengan (BWS) Bali juga akan terus ditingkatkan. Sekarang kawasan ini (Danau Buyan) menjadi lebih bersih dan bagus. Dan ini membuktikan pemerintah dan masyarakat sekitar sudah bersinergi dengan baik," pungkas Suradnyana.

Kegiatan gerakan Bali Resik dan Penebaran Benih Ikan digelar di Danau Buyan serangkaian dengan peringatan Bulan Bung Karno IV tahun 2022. Kegiatan juga dihadiri oleh Wakil Bupati Buleleng, Nyoman Sutjidra, Ketua DPRD Buleleng, Gede Supriatna, Sekda Buleleng, Forkopimda Buleleng dan pegawai di lingkup Pemkab Buleleng. *mz

Komentar