nusabali

Rayakan Bulan Bung Karno, Desa Jehem Gelar Lomba Baca Puisi

  • www.nusabali.com-rayakan-bulan-bung-karno-desa-jehem-gelar-lomba-baca-puisi

BANGLI, NusaBali
Pemerintah Desa Jehem, Kecamatan Tembuku, Bangli menggelar lomba baca puisi serangkaian perayaan Bulan Bung Karno tahun 2022.

Lomba baca puisi tingkat SD dilaksanakan di kantor Perbekel Desa Jehem, Kamis (23/6). Peserta lomba adalah siswa SD dari tujuh SD se-Desa Jehem. Peserta membawakan puisi wajib dan puisi berbahasa Bali.

Perbekel Desa Jehem, I Nengah Tesan Darmayasa mengatakan masing-masing SD mengirimkan perwakilan sebanyak dua orang. Puisi yang dibawakan adalah puisi berbahasa Indonesia dan berbahasa Bali. “Puisi berbahasa Indonesia wajib dan puisi berbahasa Bali diundi,” jelas Nengah Tesan. Lomba baca puisi Bahasa Indonesia dan Bahasa Bali agar ada keseimbangan antara bahasa nasional dan bahasa ibu. “Penggunaan Bahasa Bali sudah diatur dalam Peraturan Gubernur Bali,” ungkap Nengah Tesan.

Para pemenang lomba baca puisi mendapatkan uang pembinaan, piala, dan piagam. Juara pertama dapat uang pembinaan Rp 350.000, juara kedua Rp 300.000, dan juara ketiga Rp 250.000. Mantan Sekretaris Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Bangli ini menegaskan, perayaan Bulan Bung Karno tahun depat melibatkan sekaa teruna dan PKK. Perayaan Bulan Bung Karno diharapkan bisa meningkatkan rasa nasionalisme. Masyarakat bisa memaknai perjuangan Bung Karno. *esa

Komentar