nusabali

PABMI Bali Nusra Gelar Operasi Celah Bibir dan Lelangit Gratis

Digelar di Kota Denpasar dan Kota Kupang

  • www.nusabali.com-pabmi-bali-nusra-gelar-operasi-celah-bibir-dan-lelangit-gratis

DENPASAR, NusaBali
Persatuan Ahli Bedah Mulut dan Maksilofasial Indonesia (PABMI) Bali dan Nusa Tenggara (Bali-Nusra) menggelar operasi celah bibir dan lelangit secara cuma-cuma alias gratis di Denpasar dan Kupang.

Kegiatan bakti sosial yang didukung oleh Smile Train ini digelar dalam rangka HUT ke-76 Bhayangkara tahun 2022 ini.
Ketua PABMI wilayah Bali Nusra, drg Anak Agung Manik Swayoga, SpBM dikonfirmasi di Denpasar, Kamis (23/6) mengungkapkan, kegiatan bantuan sosial lewat operasi gratis tersebut diikuti oleh puluhan tenaga medis, baik tenaga medis dari PABMI sendiri maupun tenaga medis dari RS Bhayangkara di dua Provinsi tersebut.

drg Manik membeberkan baksos di Kota Kupang digelar 11-12 Juni 2022. Dalam kegiatan baksos tersebut jumlah pasien yang terdaftar sebanyak 20 orang. Sementara yang lolos dan layak untuk diambil tindakan operasi sebanyak 18 orang. Sementara di Denpasar digelar 16-17 Juni. Pasien yang terdaftar sebanyak 13 pasien. Sementara yang lolos utuk diambil tindakan operasi sebanyak 9 pasien

"Baksos yang digelar di Kota Kupang kami bekerja sama dengan Yayasan Harapan Senyum Nusantara yang berpusat di Sleman, Jogja. Sementara yang digelar di Denpasar bekerja sama dengan Yayasan YPPCBL yang berpusat di Bandung. Baksos di dua kota ini kami dibantu oleh tenaga medis dari RS Bhayangkara Polda Bali dan Polda NTT," ungkap drg Manik yang juga merupakan Wakil Direktur Pelayanan di Rumah Sakit Gigi dan Mulut Saraswati Denpasar ini.

Ia menambahkan, kegiatan bakti sosial kerjasama dengan Polri tahun ini dan merupakan rangkaian kegiatan pelayanan terhadap penderita celah bibir dan lelangit dengan operasi primer berupa celah bibir, celah langit-langit dan celah gusi maupun operasi sekunder berupa revisi atau penutupan fistula.

“Saat kegiatan di Kupang kami ada 26 orang. Sementara di Denpasar kami 5 orang, yakni saya sendiri bersama drg Komang Teguh Kelana, SpBM, drg Agus Dwi Sastrawan, SpBM, drg Nyoman Ayu Anggayanti, SpBM, dan drg Wayan Sutresna, SpBM. Kegiatan ini di harapkan akan memberikan senyum baru bagi pasien dan keluarga," harap drg Manik yang juga merupakan staff pengajar di Departemen Bedah Mulut dan Maksilofasial FKG di Universitas Maha Saraswati ini.*pol

Komentar