nusabali

Polres Buleleng Gelar Lomba Dalmas

  • www.nusabali.com-polres-buleleng-gelar-lomba-dalmas

SINGARAJA, NusaBali
Polres Buleleng menggelar lomba ‘Pengendalian Massa (Dalmas) Awal’, Kamis (23/6) pagi.

Lomba di halaman Mapolres Buleleng, Kota Singaraja, tersebut juga untuk latihan dalam pengamanan menjelang Pemilu 2024 mendatang

Kabag SDM Polres Buleleng yang juga selaku Ketua Panitia Lomba, Kompol Gede Juli mengatakan, lomba ini digelar dalam rangka menyambut Hari Bhayangkara ke-76. Lomba Dalmas Awal juga khusus digelar untuk meningkatkan keahlian personel menjelang Pemilu 2024.

"Dalmas Awal ini ada kaitannya dengan menyambut Pemilu. Persiapan sudah kami mulai dari sekarang agar anggota itu bisa mengingat dan profesional dalam pelaksanaan tugas," ujar Kompol Juli.

Lomba Dalmas Awal tersebut diikuti 20 orang personel dalam satu regu. Pesertanya yakni personel Sabhara dari Polres Buleleng dan dari sembilan Polsek yang ada. Kata Kompol Juli, dalam lomba ini yang dinilai adalah kemampuan personel Dalmas memberikan penanganan awal jika ada unjuk rasa. Para personel hanya menggunakan tali, tidak menggunakan tameng maupun peralatan lainnya.

"Karena sifatnya hanya pencegahan. Apabila masa intensitasnya meningkat baru Dalmas diturunkan. Sampai urutan terakhir ke pihak Brimob," terang Kompol Juli.

Menurut Kompol Juli, Dalmas Awal ini penting diketahui oleh personel Polsek. Sebab, jika terjadi unjuk rasa di tingkat Polsek, personel Dalmas Awal ini yang tampil di bagian paling depan. "Karena apabila ada kegiatan yang melibatkan massa menyampaikan aspirasi. Tentunya Dalmas Awal yang tampil paling depan," terangnya.

Selain lomba Dalmas Awal, Polres Buleleng juga menggelar sejumlah lomba lainnya. Di antaranya lomba senam tongkat, senam borgol, 12 tangkisan bela diri, pengucapan tribrata, catur prasetya dan panca prasetya kopri dan 12 gerakan pengaturan lalu lintas.

Dalam lomba 12 gerakan pengaturan lalu lintas, ada lomba bagaimana polisi melakukan olah TKP dan mengatur lalu lintas saat terjadi kecelakaan lalu lintas. Seluruh lomba tersebut melibatkan setidaknya 500 personel Polres Buleleng. "Kami libatkan semua dalam lomba. Jumlah total peserta lomba sekitar 500 orang," ungkapnya. *mz

Komentar