nusabali

Dir Reskrimsus Kombes Hendri Fiuser Meninggal

Dikenal Suka Berbaur, Kekeluargaannya Tinggi

  • www.nusabali.com-dir-reskrimsus-kombes-hendri-fiuser-meninggal

DENPASAR, NusaBali
Keluarga besar Polda Bali berduka. Direktur Reserse Kriminal Khusus (Dir Reskrimsus) Polda Bali, Kombes Pol Hendri Fiuser wafat, Kamis (23/6) pagi.

Perwira melati tiga di pundak ini menghembuskan napas terakhirnya di RSUP Sanglah, Denpasar pada usia 47 tahun. Beberapa jam sebelum dilarikan ke RS Sanglah, Kombes Hendri sempat dirawat di RS Trijata Bhayangkara Polda Bali.

Informasi dihimpun di lapangan, perwira lulusan Akademi Kepolisian (Akpol) 1997 ini diduga menderita serangan jantung. Pada Rabu (22/6) sore pukul 16.30 Wita, pria kelahiran Riau 27 Juni 1974 ini mengeluhkan rasa nyeri pada lambung. Kemudian pada pukul 18.00 Wita, dia pulang ke rumah dinas.

Karena kondisinya tidak stabil, di hari yang sama pukul 23.00 Wita, pria lulusan terbaik Akpol 1997 ini kembali dilarikan ke RS Bhayangkara. Sayangnya kondisinya tambah buruk, hingga akhirnya dirujuk ke RSUP Sanglah, Kamis pagi pukul 03.00 Wita pagi. Kombes Hendri dirawat di Poli Jantung Terpadu (PJT) RSUP Sanglah.

"Kabar duka meninggalnya bapak Direktur Reskrimsus itu benar. Beliau meninggal dunia pukul 07.15  Wita. Mohon doanya, semoga arwah beliau di terima Tuhan Maha Esa," ungkap salah satu sumber kepolisian di lingkungan Polda Bali, kemarin. Kabar meninggalnya Kombes Fiuser mengagetkan banyak koleganya di Polda Bali. Sebab, Kombes Fiuser sebelumnya tidak pernah dikabarkan menderita sakit.

Kepulangannya buat selamanya ini meninggalkan duka mendalam bagi keluarga besar Polda Bali, khususnya Dit Reskrimsus. Kabag Binopsnal Dit Reskrimsus Polda Bali, AKBP Ida Putu Wedana Jati mengatakan kehilangan sosok pemimpin yang menyatu dengan anggota. "Beliau sangat baik dalam membimbing, membina, memberikan petunjuk, dan arahan. Menyatu dengan anggota. Baiklah intinya. Berbaur dengan anggota. Kekeluargaannya tinggi. Kami sangat merasa kehilangan sosok pemimpin," ungkap AKBP Wedana Jati.

AKBP Wedana Jati mengaku Kombes Fiuser menghembuskan napas terakhir 07.15 Wita. Namun demikian, dia enggan menceritakan seperti apa penyakit yang dialami Kombes Fiuser. "Intinya beliau meninggal karena sakit. Jenazah beliau susah diterbangkan ke Jakarta dan dimakamkan di Bogor. Jenazah diterbangkan melalui Terminal Cargo, Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai menuju Bandara Cengkareng, Jakarta," bebernya.

Kombes Fiuser sendiri menjabat sebagai Direktur Reskrimsus Polda Bali sejak Januari 2022 menggantikan Kombes Pol Yuliar Kus Nugroho. Selama berkarier sebagai perwira Polri dirinya sudah menduduki sejumlah jabatan penting. Tak hanya bertugas dalam negeri, Kombes Fiuser juga pernah bertugas di luar negeri, seperti FBI Nasional Academy sec 239 tahun 2009 di Quantico - Virginia - USA, leadership in counter terorism in Asia Pacific Region, FBI NA Conference di India tahun 2018. Dia juga pernah menjadi Asisten Staf Khusus Presiden RI tahun 2018.

Sebelum akhirnya menjabat sebagai Direktur Reskrimsus Polda Bali, Kombes Fiuser menjabat sebagai Analis Kebijakan Madya bidang Pidum Bareskrim Polri. Sebelum ditarik ke Bareskrim Polri, Kombes Fiuser menjabat sebagai Kapolresta Bogor dari tahun 2018-2020.

Sementara itu, Kepala Instalansi Kedokteran Forensik dan Pemulasaran Jenazah RSUP Sanglah, dr Kunthi Yulianti Sp FM, dikonfirmasi Kamis sore membenarkan jika Dir Reskrimsus Polda Bali Kombes Pol Hendri Fiuser meninggal dunia dalam perawatan di RS Sanglah.

"Mendiang almarhum memang benar meninggal di RSUP Sanglah tadi pagi, dan (jenazah) sudah dijemput oleh keluarganya untuk dibawa pulang," terang dr Kunthi. Namun dia enggan menjelaskan lebih lanjut mengenai penyebab kematian Kombes Hendri karena hal tersebut membutuhkan persetujuan pihak keluarga. *pol, cr78

Komentar