nusabali

Perpustakaan Senilai Rp 4,5 M Mulai Dibangun

  • www.nusabali.com-perpustakaan-senilai-rp-45-m-mulai-dibangun

SEMARAPURA, NusaBali
Pemkab Klungkung, melalui Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Klungkung membangun Gedung Perpustakaan Umum senilai Rp 4,5 milir, di Jalan Ngurah Rai, Kelurahan Semarapura Tengah, Kecamatan Klungkung.

Pembangunan gedung tersebut ditandai dengan peletakkan batu pertama oleh Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta, Wraspati Kliwon Langkir, Kamis (23/6) pagi.

Kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Klungkung, I Komang Gde Wisnuadi mengatakan anggaran pembangunan gedung ini dari Dana Alokasi Khusus (DAK) Fisik Rp 4,5 miliar, dikerjakan CV Sari Murti dan Konsultan Pengawas CV Jaya Desain. "Pengerjaan dilakukan selama 180 hari dan diperkiraan selesai di awal bulan Desember 2022," ujar Wisnuadi.

Gedung akan dibangun 2 lantai, masing-masing lantai 1 terdiri dari teras, lobby, ruang pertemuan, area layanan, area pameran, area baca anak-anak, lansia/difabel, remaja, dewasa dan ruang laktasi. Lantai 2 terdiri dari ruang pengolahan, koleksi baru, tandon, ruang CCTV, ruang internet, ruang aktivitas publik.

Seperti diketahui, gedung perpustakaan daerah Kabupaten Klungkung selama ini kurang representatif, karena menjadi satu gedung dengan ruang kerja petugas Dinas Perpustakaan Daerah di Klungkung saja, saat ini masih menjadi satu dengan ruangan kerja Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Klungkung.Sehingga memberikan kesan kurang nyaman bagi para pengunjung. Sehingga, Klungkung harus memiliki gedung baru yang mengkhusus untuk perpustakaan.

Turut hadir dalam acara tersebut, Kepala Inspektorat Klungkung I Made Seger, Kaban BPKPD (Badan Pengelolaan Keuangan dan Pendapatan Daerah) Klungkung I Dewa Putu Griawan, Camat Klungkung I Putu Arnawa, Lurah Semarapura Tengah I Wayan Iwan Indrawan, dan undangan terkait lainnya.

Bupati Suwirta mengatakan Gedung Perpustakaan Umum ini akan bisa meningkatkan minat baca. Gedung ini juga sebagai pusat informasi aktivitas baca, dengan tampilan perpustakaan berbasis inklusi sosial dengan memerdekakan belajar.  Bupati Suwirta berharap rekanan bekerja dengan baik, tidak mengurangi kualitas dan berjalan dengan lancar. Di samping itu konsultan pengawas juga harus terus mengawasi. "Kami berharap dengan dibangunnya gedung perputakaan umum ini bisa meningkatkan minat baca," harap Bupati Suwitra.*wan

Komentar