nusabali

Puluhan Tukik Hasil Konservasi Dilepasliarkan

  • www.nusabali.com-puluhan-tukik-hasil-konservasi-dilepasliarkan
  • www.nusabali.com-puluhan-tukik-hasil-konservasi-dilepasliarkan

TABANAN, NusaBali
Puluhan ekor tukik (anak penyu) dilepasliarkan di Pantai Yeh Gangga, Kecamatan/Kabupaten Tabanan pada Selasa (21/6).

Tukik yang dilepas merupakan hasil penangkaran yang dilaksanakan Desa Adat Yeh Gangga.  Pelepasan tukik ini dilakukan oleh aparat Desa Sudimara bersama dengan Polres Tabanan yang diwakilkan bagian bimbingan masyarakat.

Perbekel Sudimara I Nyoman Aryadi, mengatakan kegiatan yang dilakukan bersama dengan Satuan Binmas Polres Tabanan, bagian dari melestarikan dan menyelamatkan habitat penyu yang semakin langka. “Mari kita semua peduli untuk melestarikan penyu. Jangan ada yang melakukan penangkapan ataupun sampai menjual penyu kepada pihak manapun,” kata Aryadi.

Dikatakannya, tukik yang dilepasliarkan ini merupakan hasil dari konservasi yang dilakukan Desa Adat Yeh Gangga. Setiap ada penyu bertelur dipungut kemudian ditetaskan. “Jadi tukik yang kami lepaskan ini hasil dari konservasi. Konservasi sudah berlangsung sejak dua tahun,” tutur Aryadi.

Kasat Binmas Polres Tabanan AKP I Nengah Widia mengatakan bahwa Polres Tabanan sebagai pengemban harkamtibmas, mengimbau kepada masyarakat agar selalu mematuhi peraturan pemerintah. Seperti sekarang pihaknya berkolaborasi dengan perbekel dan staf Desa Sudimara dan masyarakat Banjar Yeh Gangga melakukan pelepasan tukik. “Tujuannya untuk melestarikan habitat penyu dari kepunahan. Kalau bukan kita siapa lagi,” tandasnya.

Sebelum melepasliarkan tukik, kegiatan diawali dengan bersih-bersih pantai, sebab Pantai Yeh Gangga adalah salah satu lokasi wisata favorit di daerah kota. *des

Komentar