nusabali

Diskop UKM Gelar Diklat SDM Usaha Mikro

  • www.nusabali.com-diskop-ukm-gelar-diklat-sdm-usaha-mikro

SEMARAPURA, NusaBali
Dinas Koperasi Usaha Kecil dan Menengah, Perindustrian dan Perdagangan Klungkung menggelar Pendidikan dan Pelatihan (Diklat) Sumber Daya Manusia (SDM) Usaha Mikro, di Meeting Room Bakas Levi Refting, Desa Bakas, Kecamatan Banjarangkan, Klungkung, Selasa (21/6).

Kegiatan ini dibuka Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta. Kepala Dinas Koperasi Usaha Kecil dan Menengah, Perindustrian dan Perdagangan Klungkung I Wayan Ardiasa menjelaskan, pelatihan ini untuk memberikan ruang kepada pelaku UMKM dalam meningkatkan kapasitasnya. Selain itu, memberikan fasilitasi solusi  atas permasalahan usaha, membuka peluang kemitraan, saling mempromosi produk, dan meningkatkan motivasi serta kepercayaan diri dalam menjalankan usaha.

Diklat angkatan II ini dilaksanakan empat hari, 21 - 24 Juni 2022, diikuti 25 peserta. Narasumber pelatihan dari pelaku Bussiness Development Services Indonesia Provinsi Bali dan dinas/instansi terkait.

Bupati Suwitra menyampaikan seorang pengusaha memang dituntut untuk menciptakan hal-hal baru, tidak hanya menjadi power, tapi harus memiliki banyak follower. "Ada tiga hal yang harus diperhatikan menjadi seorang pengusaha yakni power, follower dan konsep," ujar Bupati Suwirta memotivasi peserta diklat.

Dalam hal ini menjadi seorang pengusaha harus memiliki power/jati diri dalam memimpin usaha. Kemudian follower atau pengikut untuk kemajuan usaha, dan pengusaha juga harus jeli terhadap kondisi lingkungan yang berkembang, memanfaatkan momen kemudian menyelaraskan ide dengan konsep yang ada. "Manfaatkanlah media untuk memromosikan produk-produk kepada masyarakat,” ujar Bupati Suwirta.

Bupati asal Dusun Ceningan, Nusa Penida ini berharap melalui pendidikan dan pelatihan ini menghasilkan SDM yang terlatih dan terdidik. Dengan begitu mereka akan mampu menghasilkan produk dan inovasi yang mendukung perkembangan bisnisnya. "Mindsetnya kita ubah, setiap jengkal dijadikan pembelajaran, menjadi jati diri serta kuasai kalangan," imbuh Bupati Suwitra.

Hadir, Kaban Baperlitbang Kabupaten Klungkung Anak Agung Gede Lesmana, Kadis Perindustrian dan Tenaga Kerja Klungkung I Wayan Sumarta, dan undangan terkait lainnya.*wan

Komentar