nusabali

Liga Santri Bergulir di Jembrana

  • www.nusabali.com-liga-santri-bergulir-di-jembrana

NEGARA, NusaBali
Liga Santri dalam rangka memperebutkan Piala Kepala Staf TNI Angkatan Darat (Kasad) 2022 tingkat kabupaten di Jembrana, telah dimulai di Stadion Pecangakan, Kelurahan Dauhwaru, Kecamatan Jembrana, Jembrana, Senin (20/6).

Kompetisi sepakbola antar santri se-Kabupaten Jembrana ini, dibuka oleh Bupati Jembrana I Nengah Tamba.. Ada enam  klub sepakbola santri se-Jembrana yang mengikuti kompetisi yang berlangsung hingga Selasa (28/6) nanti. Dalam pembukaan kemarin, turut hadir Wakil Bupati Jembrana I Gede Ngurah Patriana Krisna, Sekda Jembrana I Made Budiasa serta Kepala Staf Kodim (Kasdim) 1617/Jembrana Mayor Inf Gusti Made Saputra

Bupati Tamba mengatakan, menyambut baik atas terselenggaranya kompetisi sepakbola ini. Dirinya memperkirakan, Liga Santri Piala Kasad 2022 yang turut diadakan di Jembrana ini, karena pesertanya paling banyak ada di Jembrana. “Saya mengharapkan hasil akhir dari pertandingan ini, ada putra-putra Jembrana yang berbakat. Dan tentunya mudah-mudahan ditampung menjadi satu kesatuan di TNI Angkatan Darat. Itu harapan kami,” ucap Bupati Tamba.

Bupati Tamba berharap pertandingan sepakbola ini, bisa diagendakan dengan baik. Mengingat dalam bidang pembangunan keolahragaan melalui kejuaraan, sering hanya diukur dengan ukuran medali atau rangking. Padahal selain prestasi atau medali, menurut Bupati Tamba, yang terpenting adalah hasil atau indikator positif dari pembangunan dan aktivitas olahraga.

“Saya sampaikan selamat bertanding. Jaga selalu sportivitas selama pertandingan. Pertandingan yang kita laksanakan saat ini dalam rangka pencarian bibit atlet. Bukan dalam rangka pertandingan menang dan kalah untuk memperebutkan piala. Untuk itu jaga faktor keamanan dan keselamatan selama pertandingan,” ujar Bupati Tamba.

Sementara Kasdim Jembrana Mayor Inf Gusti Made Saputra mewakili Dandim Jembrana, mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah bekerja keras menyelenggarakan kegiatan yang sangat bermanfaat ini. Diharapkan seluruh rangkaian pertandingan dapat terselenggara dengan baik dan sesuai dengan jadwal yang telah direncanakan.

“Seperti kita ketahui bersama, bahwa sepakbola menjadi salah satu olahraga yang sangat diminati. Dan digemari oleh hampir semua orang di berbagai kalangan usia dan lapisan masyarakat. Sehingga tidak ada jenis olahraga lain yang mendapatkan sambutan yang paling meriah dari masyarakat di berbagai negara selain sepakbola,” ujarnya.

Mayor Inf Saputra mengatakan, TNI Angkatan Darat pun menaruh perhatian terhadap sepakbola. Sepakbola ini diharapkan menjadi salah satu cabang olahraga yang mampu mengharumkan nama Indonesia di kancah internasional. “Itu yang menjadikan TNI AD bersama PSSI tergugah untuk membangun sebuah komitmen bersama demi kemajuan dunia sepakbola tanah air. Dengan menyelenggarakan kompetisi liga santri yang akan diikuti seluruh santri/pondok pesantren yang ada di Indonesia,” ungkapnya.

Secara khusus, sambung Mayor Inf Saputra, kegiatan ini sebagai wadah silaturahmi para santri seluruh Indonesia yang ada di 34 provinsi. Pertandingan untuk memperebutkan Piala Kasad ini, akan diawali pertandingan di tingkat kabupaten/kota dari tanggal 20 Juni hingga 30 Juli 2022.   Kemudian di tingkat provinsi dilaksanakan dari tanggal 3 Agustus sampai 23 September 2022. Sedangkan pertandingan di tingkat nasional yang menampilkan tim-tim terbaik dari provinsi akan dilaksanakan tanggal 25 September hingga 22 Oktober 2022.

Melalui kompetisi ini, juga diharapkan mampu menciptakan kemanunggalan TNI dengan rakyat. Sebagai sarana untuk menumbuhkan rasa cinta kepada tanah air bangsa dan negara dengan tetap berpedoman pada nilai-nilai religius keagamaan. Di samping itu, kegiatan ini juga dapat berfungsi sebagai wahana dalam rangka pembinaan potensi sepakbola bagi generasi muda. Sekaligus mencari talenta-talenta berbakat yang diharapkan dapat tampil  pada level sepakbola yang lebih tinggi.

“Kompetisi ini merupakan wahana uji tanding. Oleh karena itu, di setiap pertandingan harus dilakukan dengan penuh semangat dan menjunjung tinggi sportivitas. Serta patuhi aturan permainan yang berlaku,” pesan Mayor Inf Saputra. *ode

Komentar