nusabali

70 Tim Ikuti Piala Kasad di Denpasar

  • www.nusabali.com-70-tim-ikuti-piala-kasad-di-denpasar

DENPASAR, NusaBali
Sebanyak 70 tim dari Bali, NTB, dan NTT mengikuti turnamen sepakbola Piala Kasad Liga Santri PSSI 2022 untuk wilayah Kodam IX/Udayana.

Turnamen digelar serentak di seluruh Indonesia dan dibuka Kasad Jenderal TNI Dudung Abdurahman dari Stadion Merdeka, Kota Santri, Jombang, Jawa Timur, pada Senin (20/6) siang, dan disiarkan lewat zoom ke seluruh Kodam.

Sedangkan khusus wilayah Kodam IX/Udayana,  pertandingan digelar di Lapangan Makorem 163/Wira Satya, Denpasar. Turnamen yang diikuti oleh 70 tim dari tiga provinsi itu dibuka resmi Pangdam IX/Udayana Mayjen TNI Sonny Aprianto.

"Kejuaraan seperti ini baru pertama kali digelar. Tujuannya untuk meningkatkan kemanunggalan TNI AD dan rakyat, serta mencari talenta sepak bola, khususnya di lingkungan santri," kata Pangdam Sonny Aprianto, usai membuka pertandingan pertama antara Pesantren 17 Agustus Gianyar vs Pondok Pesantren Darunnajah AlMas'udiyah.

Sossy Aprianto mengakui, para pemain direkrut dari pondok-pondok pesantren di 34 provinsi. Sedangkan khusus untuk wilayah Kodam IX/Udayana,  13 tim dari Bali, NTB sebanyak 54 tim, dan NTT ada 3 tim.

"Pesantren paling banyak di wilayah Kodam IX/Udayana ada di NTB. Anak-anak ini pelajar Madrasah aliyah dan Madrasah Tsanawiyah," ungkap Sonny Aprianto.

Turnamen tersebut digelar secara berjenjang. Pada tingkat kabupaten diselenggarakan 20-30 Juli 2022. Lalu tingkat provinsi pada 7 Agustus sampai 23 September 2022. Pertandingan tingkat nasional pada 25 September sampai 22 Oktober 2022.

"Pesan saya untuk para pemain harus junjung tinggi sportivitas. Apalagi yang bertanding ini adalah santri, berbasiskan agama. Harus jujur dan sportif," kata Pangdam Sonny Aprianto. *pol

Komentar