nusabali

Hujan Deras Tumbangkan Sejumlah Pohon

  • www.nusabali.com-hujan-deras-tumbangkan-sejumlah-pohon

SEMARAPURA, NusaBali
Hujan deras disertai angin kencang menyebabkan sejumlah pohon tumbang di Klungkung, Senin (20/6) pagi.

Sebuah pohon kelapa tumbang hingga menimpa rumah I Nyoman Tunik, 73, di Dusun Kanginan, Desa Paksebali, Kecamatan Dawan, Klungkung. Kejadian tersebut menyebabkan bangunan atap rumah warga itu rusak. Namun nihil korban jiwa. Tim BPBD (Badan Penanggulangan Bencana Daerah) Klungkung yang menerima laporan itu, langsung meluncur ke lokasi kejadian untuk melakukan evakuasi. "Selain menimpa rumah, pohon kelapa itu juga menimpa kabel listrik dan menutup akses jalan," ujar Kepala Pelaksana BPBD Klungkung I Putu Widiada.

Untuk mengevakuasi pohon tersebut, petugas BPBD menggunakan tiga unit gergaji mesin. "Pohon tumbang ini sudah kami tangani," imbuh Widiada.

Petugas BPBD Klungkung juga meluncur untuk mengevakuasi pohon tumbang hingga menutup akses jalan di Dusun Semeagung, Desa Tusan, Kecamatan Banjarangkan, Klungkung, dengan membawa 4 unit gergaji mesin.

Lebih lanjut Widiada mengimbau kepada masyarakat untuk selalu waspada saat turun hujan deras disertai angin kencang, karena berpotensi menimbulkan pohon tumbang dan tanah longsor.

Tak berselang lama setelah menangani pohon tumbang tersebut, BPBD Klungkung juga kembali menerima laporan robohnya sebuah Bale Pesandekan, di Pura Merajan Pucak Sari, Banjar Tangkas, Desa Gelgel, Kecamatan Klungkung, dengan kerugian sekitar Rp 4 juta. Diperkirakan penyebab Bale Pesandekan itu roboh karena kondisi kayu (usuk dan reng) bangunan sudah lapuk, terlebih diguyur hujan lebat. Pura Merajan Pucak Sari diempon oleh keluarga almarhum Nyoman Samah dan sekarang diteruskan oleh 4 orang anaknya, yang tertua bernama Made Murjana,77. "Bangunan Bale Pesandekan kondisi kayunya sudah agak lapuk, yang dibuat sekitar Tahun 2009 lalu," ujar Murjana. *wan

Komentar