nusabali

Konsep Sama, Anggaran Pembangunan SMPN 15 Denpasar Lebih Besar

  • www.nusabali.com-konsep-sama-anggaran-pembangunan-smpn-15-denpasar-lebih-besar

DENPASAR, NusaBali
Dinas Pendidikan, Kepemudaan, dan Olahraga (Disdikpora) Kota Denpasar mengalokasikan anggaran pembangunan SMPN 15 Denpasar di Desa Padangsambian Kaja, Denpasar Barat, lebih besar dibanding anggaran pembangunan SMPN 13 dan SMPN 14, meski dengan jumlah gedung dan ruangan sama. Pembangunan SMPN 15 saat ini dengan pagu Rp 23 miliar.

Hal itu dikemukakan Kepala Disdikpora Kota Denpasar Anak Agung Gde Wiratama, Jumat (17/6). Agung Wiratama mengatakan untuk pelaksanaan pembangunan SMPN 15 saat ini memang dianggarkan Rp 23 miliar, akan tetapi nilai realisasi kontrak yang sudah masuk dalam lelang sebesar Rp 18 miliar.

Menurutnya, alokasi anggaran pembangunan SMPN 15 paling besar dibanding SMPN 13 dan SMPN 14 Denpasar yang sudah lebih dulu dibangun, kendati kapasitas kelas dan bangunan tidak jauh berbeda. Hal itu menurutnya karena kondisi struktur tanah yang berbeda. “Kami anggarkan lebih besar memang. Kalau SMPN 13 Denpasar dulu sebesar Rp 14 miliar, sementara SMPN 14 Denpasar itu Rp 12,1 miliar,” kata Agung Wiratama.

Mantan Kabid Pembinaan SMP Disdikpora Denpasar ini mengaku, tingkat pengerjaan proyek ini lebih sulit dibanding SMP lainnya. Sebab, struktur tanah yang miring membuat halaman sekolah tersebut harus lebih banyak dilakukan pengurukan. Sehingga, biaya yang dibutuhkan lebih besar ketimbang dua SMP sebelumnya.

“Struktur tanah SMPN 15 ini memang miring, tidak seperti SMPN 14 yang datar. Dengan kemiringan itu kan perlu ada tambahan pondasi dan pengurukan yang lebih lagi. Sehingga, dananya lebih besar dari dua sekolah sebelumnya,” imbuh Agung Wiratama.

Berdasarkan jadwal, direncanakan untuk tandatangan kontrak diagendakan pada Juni 2022 ini. Peserta tender dari lelang proyek ini sebanyak 113 peserta. Pembangunan gedung sekolah ini dianggarkan dana pagu sebesar Rp 20 miliar dengan nilai HPS paket sebesar Rp 19.994.785.892.

Meskipun gedung sekolah belum selesai, namun pada tahun ajaran baru 2022/2023 ini, SMPN 15 Denpasar akan menerima peserta didik baru. “Untuk SMP 15 tahun ajaran baru ini siap menerima siswa meskipun gedungnya belum selesai. Kami akan pinjam gedung SMPN 2 Denpasar,” ucap Agung Wiratama.

Menurutnya, SMPN 15 Denpasar akan mencakup siswa yang berada di wilayah Kelurahan Padangsambian dan Desa Padangsambian Kaja. Adapun jumlah siswa yang diterima yakni 287 siswa yang dibagi ke dalam 7 kelas. *mis

Komentar