nusabali

Polres Jembrana Lepasliarkan 76 Tukik

HUT Ke-76 Bhayangkara

  • www.nusabali.com-polres-jembrana-lepasliarkan-76-tukik

NEGARA, NusaBali
Menyambut HUT ke-76 Bhayangkara pada 1 Juli mendatang, Kapolres Jembrana AKBP I Dewa Gde Juliana beserta jajaran menggelar bersih-bersih di Pantai Perancak, Banjar Mekar Sari, Desa Perancak, Kecamatan Jembrana, Jembrana, Jumat (17/6) pagi.

Kegiatan bakti sosial (baksos) di pantai dekat base camp Kelompok Pelestari Penyu (KPP) Kurma Asih ini juga diisi pelepasliaran 76 ekor tukik.

Kegiatan baksos yang dilaksanakan mulai pukul 07.00 Wita ini, diikuti para Pejabat Utama Polres Jembrana dan jajaran pengurus serta anggota Bhayangkari Cabang Jembrana. Begitu juga hadir Perbekel Perancak I Wayan Wijana bersama sejumlah masyarakat sekitar Perancak dan jajaran pengurus serta anggota KPP Kurma Asih.

Pada kesempatan tersebut, Kapolres Jembrana AKBP Juliana menyampaikan terima kasih kepada Ketua KPP Kurma Asih dan Perbekel Perancak yang telah memberikan kesempatan Polres Jembrana untuk melaksanakan pelepasan tukik dan baksos bersih-bersih pantai. Pihaknya dari Polres Jembrana pun memastikan memberi perhatian serius terhadap pelestarian lingkungan.

“Ke depannya jika ada kegiatan-kegiatan pelepasan tukik seperti ini, bisa disampaikan ke kami. Karena kami juga memberikan perhatian serius terhadap pelestarian lingkungan hidup. Salah satu pelestarian satwa langka ini,” ucap AKBP Juliana.

AKBP Juliana juga menyampaikan terima kasih kepada Ketua KPP Kurma Asih yang telah bekerjasama dengan baik ketika ada kasus pelanggaran hukum penyelundupan penyu di wilayah hukum Jembrana. Kerjasama yang terjalin baik itu, tentunya juga merupakan bentuk kontribusi positif dari Polres Jembrana dalam memberikan pelayanan prima kepada masyarakat.

“Satwa penyu hijau (Chelonia Mydas) ini merupakan hewan yang dilindungi pemerintah. Hal ini perlu tetap kita atensi bersama. Dan kegiatan pelepasliaran tukik ini, dilaksanakan dengan tujuan agar dapat hidup dan berkembangbiak di lautan bebas. Karena populasi dari penyu hijau saat ini benar-benar langka,” jelas Kapolres Jembrana asal Kabupaten Gianyar ini.

Sementara Ketua KPP Kurma Asih I Wayan Anom Astika Jaya juga mengucapkan terima kasih atas kegiatan bersih-bersih pantai dan pelepasan tukik yang dilaksanakan Polres Jembrana ini. Dirinya pun mengapresiasi keseriusan pihak Polres Jembrana dalam hal penegakan hukum kasus penyelundupan penyu yang mengancam kelestarian satwa langka ini.  *ode

Komentar