nusabali

Tips Membeli Laptop Ideal untuk Siswa yang Masih Belajar di Rumah

  • www.nusabali.com-tips-membeli-laptop-ideal-untuk-siswa-yang-masih-belajar-di-rumah

DENPASAR, NusaBali.com - Istilah work from home (WFH) atau bekerja dari rumah sesungguhnya bukan menjadi hal yang baru untuk para pekerja. 

Hanya saja, istilah ini kembali eksis lantaran banyak perusahaan yang menerapkannya untuk mencegah penularan virus Covid-19. Hingga kini, sistem kerja tersebut masih berlaku di beberapa perusahaan kendati angka penularan virus sudah menurun.

Kendati awalnya banyak perusahaan ragu menerapkan WFH karena khawatir produktivitas menurun, WFH kini telah menjadi cara kerja baru di era new normal. Apalagi, banyak ditunjang dengan perangkat seperti laptop bisnis terbaik dan jaringan internet memadai.

Selain di lingkup kerja, sistem ini kemudian juga diterapkan di dunia pendidikan. Siswa pun harus melakukan kegiatan belajar mengajar dari rumah. Para pelajar harus bisa melakukan kegiatan multitasking misalnya pertemuan daring, mengirim tugas, melakukan presentasi dan sebagainya. 

Oleh karenanya, mereka sangat bergantung dengan gawai yang dapat mendukung aktivitas. Tentunya, laptop yang mereka butuhkan harus tetap mumpuni dan berspesifikasi bagus. Mengenai harga, ternyata ada banyak pilihan laptop terjangkau yang berkualitas.

Mencari laptop yang tepat untuk melakukan itu bisa jadi tantangan. Spesifikasi seperti apa saja yang dibutuhkan? Berikut adalah beberapa hal yang perlu diperhatikan saat ingin membeli laptop untuk WFH, dihimpun dari Publikasimedia.com

Performa untuk Multitasking

Performa prosesor jelas jadi hal penting dalam memilih laptop. Terlebih, kegiatan sekolah dan pekerjaan kantor di rumah juga beragam. Harus membuat Zoom, sambil mengubah Power Point, browser internet, hingga aplikasi Word.

"Multitasking jadi fitur wajib. Namun Anda harus memilih laptop dengan kebutuhan yang pas untuk pelajar, agar lebih tepat guna," kata Danu Adji, praktisi bisnis yang juga pemerhati bidang pendidikan, dan industri kreatif.

Layar display besar

Saat mengerjakan tugas sekolah, memperhatikan materi pelajaran, dan berinteraksi secara virtual tentu akan lebih nyaman menggunakan laptop dengan layar yang besar.

Ketahanan Baterai

Hal yang selanjutnya cukup penting selain performa yang mumpuni, adalah ketahanan baterai saat digunakan. Tidak bisa dipungkiri bahwa penggunaan laptop saat WFH tentu memakan waktu cukup panjang dengan serangkaian aktivitas online. Maka, perhatikan kapasitas baterai laptop. Anda bisa berkonsultasi dengan penjual untuk mendapatkan barang dengan spesifikasi yang sesuai.

Kamera dan dual microphone untuk melakukan online meeting

Salah satu kegiatan belajar dari rumah yang sering dilakukan adalah conference call, online meeting atau webinar. Tentu memerlukan laptop dengan kamera untuk berinteraksi dengan yang lain. Maka kualitas kamera laptop juga perlu perhatikan.

Desain yang Tipis, Ringan dan Mudah Dibawa

Saat membeli laptop, sebaiknya pikirkan bagaimana anak akan membawa laptop. Jangan hanya karena ingin mendapat spesifikasi yang bagus, Anda justru memilih laptop yang merepotkan anak.

Laptop tersebut terlalu berat untuk dibawa kemana-mana, bahkan berisiko mudah jatuh. Sebaiknya pilih desain yang tipis, ringan dan mudah dibawa.

"Ingat, bedakan laptop yang akan digunakan anak kelas SD dengan anak SMA," kata Danu.

Jaminan Garansi Resmi dan Jangkauan Service Center

Hal lain yang sangat penting adalah jaminan garansi resmi untuk melindungi laptop apabila terjadi kerusakan. Perlu diperiksa pula standar masa berlaku garansi yang baik, apabila hanya rentang bulan patut dipertimbangkan kembali.

"Selain dua hal tersebut, perlu diperhatikan pula bagaimana jangkauan dan lokasi Service Center agar semakin mudah saat kita ingin mengklaim garansi," kata Danu.

Sesuaikan dengan Dana yang Ada

Harga laptop di pasaran sangat beragam, semua tergantung spesifikasi dan kebutuhan. Dengan anggaran 3 juta rupiah, Anda sudah membeli laptop untuk mendukung keperluan sekolah. Anda tidak perlu mengeluarkan uang lebih dengan membeli laptop gaming yang harganya mahal.

Komentar