nusabali

RSD Mangusada Sediakan Poliklinik VIP

  • www.nusabali.com-rsd-mangusada-sediakan-poliklinik-vip

MANGUPURA, NusaBali
Guna meningkatkan pelayanan, Rumah Sakit Daerah (RSD) Mangusada kini membangun poliklinik VIP untuk masyarakat umum. Dengan adanya poliklinik VIP diharapkan bisa memberikan pelayanan yang cepat bagi masyarakat tanpa harus antre.

Dirut RSD Mangusada dr I Wayan Darta, menjelaskan poliklinik VIP ini untuk masyarakat yang berobat menggunakan jalur umum (berbayar). Adapun ruangan yang digunakan adalah ruang poliklinik sebelumnya yang berlokasi di sebelah ruang IGD. Sedangkan untuk poliklinik umum kini dipindahkan ke gedung baru yakni Gedung D lantai II.

“Poliklinik VIP ini untuk memberikan pelayanan khusus bagi masyarakat yang ingin mendapatkan pelayanan cepat. Masyarakat yang menggunakan jalur umum bisa menikmati pelayanan poliklinik VIP,” kata dr Darta, Kamis (16/6).

Dikatakan, poliklinik VIP berbeda dengan poliklinik umum. Untuk poliklinik umum juga untuk masyarakat umum, namun masyarakat harus mengantre sesuai dengan nomor urut. Di poliklinik umum, masyarakat bisa menggunakan jaminan kesehatan. “Untuk masyarakat yang menggunakan jaminan kesehatan biasanya ke poliklinik umum. Jadi, karena banyak masyarakat menggunakan jaminan kesehatan, sehingga lebih ramai di poliklinik umum,” jelas mantan Kabid Kesmas Dinas Kesehatan Badung ini.

Kendati demikian, untuk pelayanan kesehatan tidak ada perbedaan, sesuai sakit yang diderita pasien. Hanya poliklinik VIP, kata dr Darta, penanganannya lebih cepat dikarenakan tidak perlu antre. Dirinya juga tak menampik, jika pemanfaatan fasilitas VIP umumnya digunakan untuk masyarakat ekonomi kelas menengah ke atas.

Di sisi lain, mengenai adanya kasus sub varian Omicron baru BA.4 dan BA.5 di Bali, dr Darta mengaku tetap melakukan langkah antisipasi. Pihaknya mengatakan tetap menyiapkan ruangan khusus untuk pasien Covid-19. “Tetap kita antisipasi. Bahkan kita sediakan 20 persen bed dari yang kita miliki saat ini,” kata dr Darta. *ind

Komentar